[recent]

Friday, 15 September 2017

Selalu Merasa Senang Saat Sendirian?Tenang, Anda Tidaklah Aneh

sumberfoto: https://thoughtcatalog.com
Anda sering merasa senang ketika sendirian?
Anda merasa sendirian merupakan hal yang paling penting bagi anda?
Anda merasa sendirian itu bagaikan berada ditempat yang ramai?
Dan perasaan lainnya yang hanya dipahami oleh orang-orang yang sendiri.

Tidak bisa dipungkiri, setiap orang mempunyai sifat dan kelakuan yang berbeda, antara satu dan lainnya. Kalau semua sama, maka tidak ada keindahan dalam hidup ini. Contohnya saja pelangi, punya banyak warna dalam setiap tampilannya di angkasa raya.

Umumnya orang senang dengan keramaian, kumpul, dan hal lainnya yang bersifat keluar, bukan kedalam (menyendiri). Tapi, ada orang yang lebih senang jika sendiri. Seakan-akan tubuhnya dicharge penuh saat sendirian, dan akan terpakai energinya ketika berada di keramaian.

Apakah ini aneh?
Apakah ini normal?

Kadang orang bilang, orang yang suka sendiri adalah orang yang "ansos" (anti bersosialisasi).

Sebenarnya itu tidak benar.

Orang yang suka sendiri, juga masih sangat senang ketika bersosialisasi dengan orang lain. Hanya saja, biasanya mereka hanya berbicara seperlunya. Ini dikarenakan, mereka selalu berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara dan cendrung berhati-hati saat berbicara, takut menyinggung perasaan orang lain. Berbeda dengan orang yang tidak suka menyendiri, mereka lebih cenderung spontan dan pecah saat bersosialisasi.

Memiliki sifat penyendiri, bukanlah hal yang aneh, apalagi dikatakan tidak normal. Itu adalah hal yang wajar dan normal, dikarenakan itu adalah sifat alami anda sendiri.

Selama rasa senang akan kesendirian anda, anda salurkan pada hal-hal positif, pasti banyak manfaatnya bagi anda.

Dampak positif dari seorang yang mempunyai sifat penyendiri, seperti :

1. Pemikir yang cerdas, yang mampu merencanakan untuk mengambil keputusan yang tepat.

2. Spiritualis, karena anda akan lebih mudah terhubung dengan Yang Kuasa, dalam keheningan anda.

3. Hemat, karena menikmati kesendirian itu sangatlah mudah bagi anda, tanpa harus mengeluarkan uang untuk sebuah rasa senang ataupun kebahagiaan.

4. Suka mempelajari hal baru, yang mungkin orang lain malas kerjakan, karena buat sebagian orang hal yang anda lakukan sangat membosankan.

5. Tidak mudah terpengaruh dunia luar.

6. Cenderung sopan dan ramah

Selain dampak positif, jika anda tidak pandai menghandle sifat kesendirian anda, maka dampak negatifnya pun akan timbul, seperti:

1. Pemalu akut

2. Suka khawatir atau was-was

3. Suka menahan emosi, dan ketika tidak tertahankan akan meledak-ledak

4. Stress tinggi

5. Pada saat dikeramaian anda merasa semakin lemah.

6. Tidak suka bersosialisasi

7. Suka curiga dengan orang lain.

Bagi anda yang memiliki sifat kesendirian dan cenderung punya efek yang negatif seperti diatas, jangan terlalu dipusingkan. Cobalah untuk membuka diri anda, sehingga anda mampu menyesuaikan dengan lingkungan anda.

Beradaptasi merupakan kunci dari menyelesaikan masalah anda yang suka sendirian. Beranikan diri anda, jangan dikekang. Jika anda sering mengekang diri anda, maka dampak-dampak negatif akan semakin meningkat.

Jadi cobalah untuk selalu berpikir positif, dan membuka diri, agar keseimbangan dalam diri anda bisa terjadi dan muncul selamanya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda seorang yang suka sendiri atau biasa disebut introvert.