[recent]

Sunday, 6 August 2017

Sulit Mengambil Sebuah Keputusan? Gunakan 6 Cara Ampuh Ini!

sumberfoto: https://everydayinterviewtips.com
Sulit untuk mengambil sebuah keputusan sangat sering dialami banyak orang. Alasannya tidak lain tidak bukan adalah pertimbangan. Pertimbangan yang tidak tepat, maka sebuah keputusan yang diambil pun tidak akan tepat.

Jika sudah begini, bagaimana cara mengambil sebuah keputusan yang tepat?

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil sebuah keputusan. Tapi, dari sekian banyak cara, ketegasan dan keyakinan adalah jawabannya.

Anda yang ingin mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda, pastinya anda harus menguasai masalah anda secara maksimal. Tanpa menguasai sesuatu hal yang menjadi masalah anda, mana mungkin anda dapat mengambil sebuah keputusan yang tepat. Karena ini semua lah yang dapat menjadi faktor utama dari pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan.


Lalu, langkah apa saja sih yang bisa kita pakai untuk mengambil sebuah keputusan agar tidak salah langkah?
Pada artikel kali ini, saya akan membagikan pikiran saya, tentang cara mengambil keputusan yang tepat. Tentunya semua langkah ini, dapat anda sesuaikan dengan masalah yang anda hadapi.

Oke, mari kita bahas.

1. Pikirkan jalan keluar yang paling mungkin bisa dilakukan.
Masalah apapun, pasti punya jalan keluar. Tinggal bagaimana cara mencari jalan keluar itu. Caranya, pikirkan masalah yang anda hadapi, terus keluarkan semua pemikiran anda tentang jalan keluar yang mungkin bisa anda lakukan. List semuanya, tidak usah bepikir, ini tidak bisa, itu tidak bisa, list saja dulu semuanya.


2. Seberapa besar efek baik dan efek buruk jika memilih jalan keluar tersebut.
Dari semua list jalan keluar yang anda buat, sekarang anda pikirkan, atau bayangkan, mana yang menghasilkan efek paling baik, dengan efek buruk seminimal mungkin dari masalah yang anda hadapi. Ingat, disaat seperti ini mungkin anda merasa, semuanya mempunyai efek buruk yang tinggi bagi anda, yaitu resiko. Anda harus ingat, segala keputusan itu harus berani anda ambil setiap resikonya. Anda tidak dapat menghindar dari resiko, hanya saja anda perlu cermat, agar resiko yang didapat bisa seminim mungkin. Saya yakin anda mampu, bahkan sangat mampu untuk memilih dan menerimanya.


3. Pilih satu dan pikirkan akibatnya
Setelah anda memilih keputusan yang paling tepat, sekarang fokus pada resiko yang terjadi. Ingat! Anda harus berani ambil resikonya. Anda tidak mungkin bisa menghindari resikonya. Nah, jika anda sudah tahu resikonya, anda cukup rencanakan mitigasi dari resiko-resiko yang anda ambil, sehingga semua keputusan akan masalah ini, benar-benar bisa diambil dengan sempurna.



4. Percaya pada diri anda, bahwa pilihan anda adalah yang benar.
Ini adalah booster yang harus anda terapkan ketika telah memutuskan memilih suatu keputusan. Percaya pada diri anda sendiri bahwa pilihan anda tersebut adalah benar. Yakinkan diri anda, jika mengambil keputusan "ini" semua masalah ini akan segera selesai dan hanya akan menjadi kenangan hidup anda, yang akan anda ceritakan ke anak dan cucu anda nantinya.


5. Cuek dengan semua khayalan yang datang
Ketika anda mengambil sebuah keputusan yang sebenarnya sulit untuk anda mengambilnya, sering kita mengalami khayalan-khayalan yang menakutkan. Khayalan-khayalan ini membuat kita bimbang kembali dan menjadi ragu. Bahkan khayalan ini membuat anda tidak jadi bertindak. Tapi, khyalan-khayalan ini adalah wajar, karena ketakutan anda, akan sesuatu hal yang belum anda ketahui hasilnya nanti. Pesan saya, cuek saja dengan khayalan yang datang. Bilang pada diri anda sendiri "saya tidak tahu apa yang akan terjadi, baik ataupun buruk, yang penting saya sudah mencoba". Ingat!yakinkan diri anda!.


6. Lakukan dan jangan lagi bergerak mundur
Ini paling penting harus anda punya, yakinkan diri anda, dan laksanakan semua planning anda. Jangan pernah lagi untuk bergerak mundur atau tidak jadi bertindak. Jika anda mundur, maka itu sebuah kesalahan paling fatal, tapi jika anda tetap maju dan melakukannya, anda akan tahu hasilnya. Ingat! Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi didepan, jika anda yakin, maka keputusan yang anda ambil pasti tepat. Sekalipun gagal, paling tidak anda sudah mencoba, dan akan membuat semuanya menjadi pelajaran bagi anda untuk langkah selanjutnya.



Ingat, ya sobat, jangan pernah takut untuk mengambil sebuah keputusan. Jangan pernah takut gagal, atau takut salah. Selama anda belum mencoba, maka tidak ada yang namanya berhasil ataupun gagal. Yang ada, hanya sebuah khayalan yang hanya ada dikepala anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.