[recent]

Saturday, 19 August 2017

5 Hal Yang Harus Dihindari Untuk Menikmati Liburan Dengan Maksimal

sumberfoto: http://www.eccireland.i
Liburan akhir pekan ataupun liburan panjang, merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Jenuhnya aktivitas selama seminggu yang itu-itu saja, membuat otak dan jiwa kita dipenuhi dengan kebosanan dan mungkin hal berat lainnya yang membebani diri kita. Untuk mengatasi itu semua, liburanlah yang dapat menjadi pengobat sejenak untuk semua kejenuhan yang kita hadapi.

Banyak cara menikmati liburan, baik dengan cara rekreasi, mengisi dengan hobi, ataupun berkumpul dengan teman-teman. Itu semua demi satu tujuan, yaitu mendapatkan kesenangan. Karena jika otak kita hanya diisi dengan beban, kebayang  kan..... kita bakal stress berat.

Terlepas dari bagaimana anda dapat menikmati liburan anda, masih banyak orang yang sulit untuk menikmati liburannya. Kadang, fisiknya liburan, pikirannya tidak pernah libur, masih memikirkan masalah pekerjaan yang tidak kunjung selesai. Kalau sudah begini, saya dapat pastikan anda sedang stress ataupun depresi. Untuk itu, saya sarankan, ketika anda liburan, benar-benarlah aturan fisik dan pikiran anda dalam keadaan libur dan bersantai saja, agar tenaga anda benar-benar ter-charged dengan baik dan harapan kedepannya anda dapat kembali fresh.

Untuk itu, dalam artikel kali ini, saya ingin membagikan ke anda semuanya, hal-hal apa saja sih yang harus anda hindari selama liburan, dan semua itu untuk memaksimalkan masa liburan anda.

1. Liburan jangan cuma diam di rumah
Pasti masih orang yang seperti ini, menikmati liburan hanya dengan duduk-duduk seharian nonton tv ataupun tidur seharian dikamar. Saya sarankan mulai sekarang, jangan seperti itu. Boleh saja kalau misalkan liburan anda cuman satu hari seminggu, tapi bagi yang punya libur 2x dalam seminggu, saya sarankan untuk dapat benar-benar dimanfaatkan. Di hari pertama, anda gunakan waktu libur anda untuk keluar dari rumah, baik itu rekreasi, kumpul-kumpul dengan teman, atau ketempat-tempat yang anda suka. Manfaatkan liburan anda untuk membebaskan anda dari segala kejenuhan, buang semua energi negatif keluar dari diri anda, dan ambil energi positif selama anda keluar dari kejenuhan anda tadi. Besok harinya. silahkan untuk beristirahat.
2. Hentikan memikirkan pekerjaan ataupun tugas-tugas anda
Libur ya libur, bukan kerja, kuliah atau sekolah. Libur ya artinya itu waktu berharga anda untuk merefreshing pikiran dan jiwa anda. Jangan sampai anda menjadi gila, hanya karena liburan anda terganggu. Nikmati liburan anda dengan maksimal. Alihkan semua pikiran yang mengarahkan anda kembali pada kejenuhan, ke pikiran anda untuk bersenang-senang. Ingat!Ini waktu libur anda kawan, bukan waktu kerja. So berliburlah!

3. Hindari melakukan satu kegiatan yang menghabiskan waktu dan bikin anda tambah pusing
Jika anda tidak sadari,. banyak hal-hal yang kita lakukan pada saat libur,yaitu melakukan suatu hal, yang bikin anda pusing, tahu-tahu udah sore, karena saking fokusnya. Contohnya seperti saya, ngeblog, ngedit-ngedit template, merakit gundam, membaca buku, bermain sosmed. Bukan saya melarang sih, tapi kegiatan ini benar-benar bikin anda lupa waktu, dan tahu-tahu waktu liburan anda sudah habis. Tapi, bagi anda yang memang sudah sangat menduniai kegiatan-kegiatan tersebut, dan memang rencana anda untuk mengisi liburan, ya itu no problem. Yang penting anda bahagia :)

4. Tutuplah kegiatan usaha anda di hari libur
Banyak orang, khususnya pengusaha yang memang pendapatan utamanya dari usahanya sendiri. Sampai-sampai tidak ada waktu libur dan waktu sejenak bareng keluarga. Semua hari adalah hari kerja. Memang sih uang itu penting, tapi saya yakin anda pasti pernah merasakan kejenuhan dengan pekerjaan anda. Jika anda jenuh maka akan berakibat stress. Kalau sudah stress, penyakitpun dapat datang kapan saja. Dan jika anda seorang pengusaha yang sudah berkeluarga, saya yakin istri/suami dan anak-anak anda pasti menginginkan sekali liburan bersama anda, hanya saja anda selalu sibuk. So, cobalah ambil waktu berlibur ya kawan.
5. Tidak merencanakan untuk liburan
Wah, ini paling sering terjadi. Umumnya orang-orang kalau liburan, kalau mau kemana-mana ya spontan aja. Tapi ada bagusnya, anda sebelumnya memikirkan dimalam hari sebelum hari liburan anda besok. Rencanakan dengan matang anda mau kemana, baik bersama keluarga, teman ataupun pacar anda. Anda jadwalkan dengan baik perjalanan liburan anda seharian full tersebut. Pasti jika sudah terencana dengan baik, dan dapat terlaksana, kepuasan liburan yang didapat pasti sangat maksimal.

Kira-kira itulah yang dapat saya sharringkan kali ini, agar kita dapat menikmati liburan secara maksimal. Sebenarnya banyak hal yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan liburan anda, tapi pastinya harus membahagiakan bagi anda ya.
Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda. Jika ada opini lain, silahkan berkomentar ya kawan.