[recent]

Friday, 14 July 2017

PELUANG USAHA MAKANAN YANG TIDAK PERNAH MATI DI INDONESIA

Tags


Membahas tentang makanan, pastinya tidak ada habisnya bagi pecinta kuliner, khususnya kuliner di Indonesia. Di Negara ini ada sangat banyak jenis makanan, mungkin jumlahnya ada ribuan. Banyaknya jenis makanan seperti ini, dikarenakan budaya dan ciri khas dari suatu daerah ataupun suku yang beragam di Indonesia.
Jika membahas tentang makanan, makanan apa aja sih yang kalian suka?

Bakso?
Gado-gado?
Mie Goreng? (jadi inget ind*mie, hahaha)

dan lain-lain. Pasti banyak banget yang ada dipikiran kalian jika menghayalkannya.

Mulai dari yang kering, sampai berkuah. Dari yang berupa makanan ringan sampai yang berat/makan besar.

Memang tidak bisa kita pungkiri, makanan merupakan kebutuhan pokok, kalau tidak makan, kebayangkan??? makanya setiap orang pasti perlu yang namanya makanan. 

Selain itu, ragam makanan juga memberikan dampak positif, khususnya kita tidak akan pernah bosan. Coba bayangkan kalau kita makan-makanan yang itu-itu saja, pasti anda lama-kelamaan akan mulai bosan dan akan beralih kemakanan lainnya.

Tapi, anehnya ada jenis makanan di Indonesia yang sampai sekarang bagi sebagian orang, walaupun harus makan setiap hari, tidak merasa bosan. Dan bahkan usaha ini terus berkembang hingga sekarang khususnya di Indonesia.

Nah, kalau sudah begini, pastinya jika kita ikut melestarikan jenis makanan-makanan tersebut dan bisa mendapatkan pendapatan dari pelestarian makanan-makanan tersebut, pastinya akan lebih menguntungkan kan??

Disini saya akan membahas tentang peluang usaha makanan apa saja sih yang dari dulu hingga sekarang tidak pernah mati ditelan jaman, malahan terus berkembang, dan makin banyak orang yang menggeluti profesi ini, sebagai mata pencaharian.

Saya harap, melalui artikel ini, anda sekalian menjadi punya ide mau buat usaha makanan apa yang cocok bagi keahlian anda dan budget anda tentunya.

Baik, mari kita mulai, simak baik-baik ya.

1. Bakso
sumberfoto: rumahmesin.com
Ya, ini makanan paling favorit bagi saya. Saya pikir pasti anda juga menyukainya. Makanan ini tidak pernah ada matinya, mulai dari yang berjualan dari gerobak berjalan, hingga rumah makan. Bakso selalu banyak peminatnya. Entah kenapa perpaduan antara mie, dan bola daging yang direbus ini, tidak pernah sepi peminat. Apalagi dimakan disaat cuaca dingin dengan sambel yang banyak. (Jangan ngiler ya sobat.).

2. Soto
Sumberfoto:resepmasakankreatif.com
Apakah anda tahu, jenis soto paling banyak di Indonesia. Mulai dari soto Banjar dari Banjarmasin, Soto Madura, soto Surabaya, Soto Betawi, dan soto-soto lainnya. Sangat beragam makanan soto di Indonesia ini. Semuanya hampir berbeda dari segi kuahnya. Namun tetap mengutamakan rempah-rempah yang ada. Dan herannya soto-soto ini biasanya terasa enak kalau makan langsung dari Kota asal soto itu diciptakan. Entah itu hanya sugesti atau memang itu hal yang sebenarnya. Yang pasti usaha seperti ini juga sangat menjamur di Indonesia.

3. Gado-gado
sumberfoto:PieSusuBliMan.com
Ini merupakan makanan yang sangat merakyat dan modal untuk usaha ini sangatlah minim. Dimana isi makanan ini hanya berupa ketupat/lontong, sayur, tahu, tempe, telur sambel dan bumbu kacang. Makanan ini juga banyak peminatnya, mungkin ini termasuk makanan sehat seperti salad yang diberikan saos kacang. Selain modalnya yang murah, bikinnya juga gak sulit.

4. Sate
sumberfoto:Qraved.com
Sate merupakan panganan yang mungkin juga sudah sangat tua di Indonesia. Usaha ini juga sangat menjamur, mulai dari orang yang menjual secara pinggiran, hingga restaurant. Pecinta makanan ini juga sangat tinggi, jadi bagi anda yang ingin membuka usaha penjualan sate seharusnya tidak perlu ragu. Karena makanan ini sudah sangat familiar di Indonesia.

5. Gorengan
sumberfoto:remaja.suaramerdeka.com
Siapa yang tidak suka gorengan?
Makanan yang bisa dibilang makanan ringan tapi sangat mengenyangkan. Dimakan rame-rame sambil ngumpul ditemani secangkir teh atau kopi, pasti sedap banget. Indonesia terkenal akan berbagai macam olahan gorengan, jadi usaha ini sangat cocok lho bagi anda yang ingin modal kecil tapi untung besar.

6. Mie Goreng/Nasi Goreng
sumberfoto:Ngopy.com
Lagi-lagi makanan yang diawali dari makanan rumah dan dijual dipinggiran ini menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Bahkan makanan ini sudah merambah ke rumah makan mahal di Indonesia. Modalnya hanya nasi atau mie yang digoreng. Tentunya dengan bumbu ciri khas masing-masing ya. Karena dijaman sekarang, kepandaian kreatifitas kita sering diuji dan harus terus diasah lho sobat.\

7. Lalapan
sumberfoto:kedhaisambos.blogspot.com
Pernah dengar? Bagi orang di pulau Jawa, pasti kenal dengan makanan ini. Ya, lalapan bisa menjadi ladang bisnis yang sangat berpotensi lho sobat. Seperti ayam lalapan, ikan lalapan, telur lalapan, atau lalapan lainnya. Makanan ini juga sangat merakyat di Indonesia, dan pastinya dapat menjadi pilihan peluang usaha makanan bagi sobat sekalian.

8. Kedai Minuman
sumberfoto:regional.liputan6.com
Mungkin terbersit dipikiran anda? minuman? cafe?
Jawabannya hanya warung biasa saja sobat.
Saya pernah lihat susatu kota yaitu Pontianak di provinsi Kalimantan Barat. Disana sangat banyak yang namanya warung kopi. Hampir ratusan warung kopi sangat mudah ditemukan di Kota tersebut.
Tapi jangan salah, yang dijual bukan cuman kopi, tapi banyak minuman lainnya. Tujuannya? Tempat tersebut adalah tempat bagi orang yang senang kumpul-kumpul. Karena saya lihat di Pontianak, sangat menyukai yang namanya kumpul-kumpul dengan para kerabat di warung kopi.

Harganya pun cukup murah, segelas kopi hanya 6-8 ribu rupiah. Semuanya standar warung biasa saja. Hanya saja banyak peminatnya.

Siapa tahu sobat berminat, bisa dicoba peluang usaha ini sobat.

9. Martabak
sumberfoto:SashyLittleKitchen.com
Hayoo,, siapa yang suka martabak??

Pasti banyak banged yang suka dengan martabak. Baik martabak asin maupun manis. Apalagi sekarang banyak variasi dari martabak-martabak tersebut. Dan sampai sekarang pun usaha ini terus berkembang, tidak ada matinya. Karena  makanan ini sudah terdapat banyak pecintanya, sehingga keberadaan usaha ini bakalan terus lestari di Indonesia.

10. Makanan Kreasi Pedas
sumberfoto:MasakanHarian.Com
Indonesia yang suka akan rempah-rempah dan rasa pedas, di saat seperti sekarang, sudah banyak sekali aneka makanan yang dikreasikan menjadi makanan pedas. Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, bahkan sampai international pun sekarang mulai mengkreasikannya. Tapi menurut saya, Indonesialah yang paling pandai dalam mengolah masakan-masakan dengan cita rasa pedas.

Kenapa sih makanan pedas banyak peminatnya? Hal ini dikarenakan rasa pedas dari sambal yang diolah, dapat menciptakan bertambahnya nafsu makan. Tapi jangan keterlaluan yang makannya, nanti malah gak kuat lagi perutnya. hahaha

11. Rawon
sumberfoto:Jitunews.com
Nah, ini juga sangat cocok untuk dijadikan peluang usaha. Rawon merupakan makanan yang kuahnya hitam yang dibuat dari kluwek dan rempah-rempah lainnya, telah mempunyai penggemar yang sangat banyak di Indonesia. Banyak orang yang mengkreasikan makanan ini. Namun tetap yang dicari adalah keaslian dari rempah-rempah makanan ini. Bagi anda yang mungkin merasa bahwa makanan ini mudah untuk dibuat, makanan ini dapat dijadikan alternatif bagi anda untuk dijadikan peluang usaha.

12. Nasi Padang
sumberfoto:DamnILoveIndonesia.com
Ini jenis usaha makanan yang menjamur. Tidak perlu buka di Kota Padang, makanan ini menjamur seantero Indonesia. Walaupun makanan ini terkenal dengan harganya yang mahal, namun pencinta makanan ini tidak pernah hilang lho sobat. Boleh di coba nih. Sekaranag ini sudah sangat banyak pembuat rumah makan nasi padang yang murah-murah dan cukuplah untuk dikantong. Saran saya bagi anda yang ingin membuka usaha ini, jangan jual mahal-mahal dulu ya, siapkan dulu cita rasa yang membuat orang terpikat dengan masakan anda.

13. Mie Ayam
sumberfoto:Vemale.com
Usaha makanan ini hampir sama seperti bakso. Terkadang banyak juga penjual bakso, juga jualan mie ayam. Usaha ini cocok banget kok untuk pemula. Modalnya tidaklah terlalu besar seperti penjualan bakso. Dikarenakan daging yang dipakai adalah daging ayam, yang pastinya lebih murah jika dibandingkan dengan daging sapi. Makanan ini juga sangat banyak penggemarnya, jadi jika anda berminat membuka usaha ini, tidak ada salahnya.

14. Empek-empek
sumberfoto:elcc.unisbablitar.ac.id
Nah, ini usaha yang menarik juga. Peminatnya banyak, hanya saja modalnya agak gede sih dan juga harus pinter ngebuatnya. Empek-empek terkenal sebagai camilan ringan yang harganya cukup mahal, namun sangat enak dan tidak membosankan dilidah. Banyak sekali orang-orang yang menyukai jenis makanan ini, karena rasanya yang crispy diberikan kuah yang asem, manis dan pedas. Cocok banget bagi anda yang mampu membuatnya untuk membuka usaha ini, pasti banyak peminatnya. Keunggulan dari empek-empek biasanya adalah dari kuah saosnya. Karena saya pernah beli empek-empek, jika kuah saosnya tidak begitu enak, maka rasa empek-empeknya juga tidak bakalan enak. So, kreatif ya sobat.

15. Sayur asem dan Lauk Bakaran

Ikan bakar, ayam bakar, dan sayur asem, dan sambel,  merupakan kombinasi makanan yang cukup banyak disukai orang Indonesia pada umumnyar. Makanan jenis ini banyak sekali peminatnya. Selain itu, modalnya juga tidak terlalu besar, namun untungnya lumayan gede lho. Boleh di coba bagi anda yang berminat untuk membuka usaha ini.

Dari sekian banyak peluang usaha diatas, semuanya yang saya berikan disini, merupakan peluang usaha makanan yang tidak akan pernah hilang keberadaanya, khususnya di negara Indonesia ini. Karena makanan-makanan ini sudah sangat familiar di lidah kita orang Indonesia.

Modal yang ditawarkan juga tidak terlalu besar, seharusnya anda sekalian masih mampu walaupun membuka usaha secara kecil-kecilan terlebih dahulu.

Saya tidak dapat menaksirkan modal yang diperlukan, dikarenakan bahan baku disetiap daerah berbeda-beda harganya. Tapi, saya harapkan, dengan adanya artikel ini, anda dapat memperkirakan mana yang cocok untuk budget anda, dan tentunya mana yang cocok untuk anda jual nantinya. Melihat peluang pasar adalah yang utama.

Selama ada niat dan usaha, pasti semuanya berjalan kok.

Semoga artikel saya ini bermanfaat, jika menurut anda perlu diberitahu ke banyak orang, silahkan share ya sobat. Makin banyak yang tahu maka makin banyak orang yang bisa bepeluang untuk menentukan pilihannya untuk membuka usaha makanan.

Siapa tahu ada teman-teman sobat yang memerlukannya.

Semoga bermanfaat, silahkan berkomentar dibawah ya, jika ada yang ingin ditanyakan ataupun yang ingin dibahas.