[recent]

Tuesday, 18 July 2017

MUNGKINKAH KEBERADAAN KORAN AKAN PUNAH?

sumber foto: https://www.shutterstock.com

Dari dulu hingga sekarang orang sangat suka membaca yang namanya berita. Selain melalui media membaca, orang-orang juga sangat suka dengan menonton berita di televisi ataupun video. Ketertarikan orang-orang terhadap berita dikarenakan keperluan orang akan informasi dalam kehidupan ini sangatlah tinggi. Dari berita, kita bisa tahu kabar tentang ekonomi, sosial, politik atau hal-hal umum lainnya.

Yang paling terkenal dari dulu hingga sekarang sebagai penyedia informasi secara portable adalah koran. Koran adalah media cetak yang memberikan segala macam informasi, dan diupdate setiap harinya. Harga koran sendiripun sangatlah murah. Dengan ukuran kertas yang hampir atau lebih dari 1x1 meter, dan halamanya dapat mencakup 12 -14 halaman, koran di hanya dihargai sebesar Rp 3ribu rupiah saja. Untuk sebuah informasi yang update setiap hari, ini termasuk media yang dibilang sangat murah. Malahan, dijaman tahun 90-an hingga tahun 2000-an koran pernah dijual seharga Rpp500-1.000 rupiah.

Jika kita berbicara jauh di belakang tahun 2017, hingga tahun 2017 koran dibuat dalam bentuk media cetak atau lebih dikenal sebagai surat kabar, kini kepopulerannya mulai banyak tergantikan dengan teknologi digital saat ini. Banyak sekali dijaman sekarang beredar koran-koran elektronik, seperti Kompas.com, detik.com, tribunnews.com dan koran elektronik lainnya.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Sebenarnya hal ini dikarenakan perkembangan jaman yang semakin pesat dari tahun ke tahun. Bayangkan saja dalam beberapa tahunt terakhir pekermbangan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Banyak inovasi-inovasi modern yang memberikan fasilitas yang nyaman bagi para audience-nya dan terasa lebih simple. Memasuki era digital seperti sekarang ini, seakan-akan untuk berbalik arah kebelakang sangatlah sulit untuk dilakukan. Harapan semua orang, jika bisa makin canggih, kenapa tidak? Dan kemunduran tidak mungkin diinginkan oleh siapapun juga.

Lalu, apakah mungkin koran yang masih berupa media cetak akan perlahan hilang keberadaannya?

Jika ditelaah dengan seksama, tanpa adanya inovasi lebih dari pihak perusahaan yang menerbitkan koran, kemungkinan tergantikannya koran yang berupa cetakan kertas, bukan tidak mungkin sepenuhnya akan digantikan oleh koran elektronik.

Kita bisa lihat dari segi peminat. Koran-koran yang berupa cetakan kertas masih banyak diminati bagi orang-orang yang tidak memiliki gadget atau orang-orang yang tidak mengerti gadget. Untuk orang-orang yang tidak memiliki gadget, saya pikir dijaman sekarang ini sangat sedikit sekali, mengingat harga smartphone untuk sekedar browsing sudah sangat murah dan sangat terjangkau. Tapi peluang besar koran masih sangat terbuka untuk orang-orang yang tidak mengerti tentang penggunaan gadget, sehingga berita atau informasi dari koran yang dicetak akan sangat diperlukan.

Tapi sayangnya jika kita telaah lebih jauh, dengan perkembangan penduduk akan pengetahuan tentang teknologi dan kemajuan teknologi sendiri, bukanlah tidak mungkin audience para pemburu berita ini akan sepenuhnya beralih kekoran digital. Dikarenakan kita tidak perlu lagi membeli koran harian dan sangat paperless dan ramah lingkungan, jika dibandingkan dengan koran yang masih dibuat dalam cetakan.

Dan para generasi-generasi yang belum pernah mengenal dunia digital seiring perkembangan jaman akan semakin menurun dan akan tergantikan dengan generasi-generasi baru yang sanagt aware dengan keberadaan teknologi.

Tapi apakah benar koran yang dicetak ini akan benar-benar hilang keberadaannya secara penuh?

Jika koran-koran yang dicetak ini tidak cepat-cepat beinovasi kemungkinan keberadaannya akan hilang sangatlah tinggi. Namun, jika dapat membuat suatu perubahan yang menarik, apapun itu, bukan tidak mungkin koran-koran cetak jenis ini akan dapat terus berkembang.

Inti dari semuanya adalah inovasi yang dapat mengimbangi keinginan audience generasi baru yang sangat aware dengan perkembangan jaman yang ada, sangatlah diperlukan.

Kembali lagi, dalam artikel ini, hanyalah sebuah opini yang masih perlu dikaji lagi. Penulisan artikel ini diopinikan dari melihat keadaan yang sebenarnya saat ini dihadapi dan kemungkinan yang akan dihadapi nantinya. Apakah koran jenis cetak akan tetap hidup ataupun tidak, itu semua harus kita lihat lagi kedepannya. Semua prediksi disini masih bisa meleset dari yang didugakan.

Kalau menurut teman-teman sekalian apakah koran jenis cetak akan benar-benar punah nantinya?

Jika anda mempunyai opini tersebut, silahkan berkomentar dikolom komentar ya.

Semoga artikel ini bermanfaat.