[recent]

Sunday, 2 July 2017

MANFAAT KARTU KREDIT YANG LUAR BIASA BAGI KESELAMATAN KEUANGAN ANDA

Tags

kartu kredit
Sumbefoto: cermati.com
Dizaman modern seperti sekarang ini, tingkat kebutuhan hidup ataupun tingkat keinginan hidup banyak orang semakin tinggi. Terbukti dengan banyaknya inovasi-inovasi barang yang terus tercipta tiada hentinya, membuat orang-orang merasa ingin memilikinya atau bahkan membutuhkannya.

Uang, adalah media yang sangat diperlukan bagi orang banyak untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan hidup didunia ini. Tanpa uang, rasanya sangat sulit untuk menjadikan apa yang kita idam-idamkan selama ini.

Banyak cara untuk mendapatkan uang, mulai dari bekerja jadi karyawan, bekerja mandiri jadi pengusaha, atau apapun yang dapat menghasilkan uang, dan pastinya halal untuk digunakan.

Jika dikaitkan dengan kebutuhan dan keinginan hidup yang tinggi, tanpa diiringi dengan penghasilan yang lumayan besar, apakah masih bisa untuk memenuhi itu semua?

Ada beberapa cara sebenarnya, yaitu:

1. Bekerja lebih keras untuk mendapatkan imbalan yang lebih tinggi.
2. Jika anda karyawan, maka mulailah mencari penghasilan dari tempat lain, misalnya membuka usaha sampingan.
3. Meminjam uang dengan orang lain, untuk sementara waktu.
4. Meminjam uang dengan Bank, baik itu kredit modal kerja, kartu kredit, kredit rumah, kredit mobil dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Cara Memilih Fasilitas Kredit Usaha Dengan Tepat
6 Syarat Penting Mengajukan Pinjaman Kredit di Bank

Semua cara diatas dapat anda terapkan, terutama cara 3 dan 4 jika memang keuangan anda sudah sangat ketat. Tapi saya sarankan, jika anda ingin meminjam uang dengan jumlah yang tinggi, ada baiknya lewat Bank saja, karena lebih tersistematis.

Dalam artikel kali ini, saya tidak membahas untuk meminjam uang untuk modal kerja anda. Karena itu menurut saya sudah diranah usaha dan yang saya ingin bagikan adalah cara mengatur keuangan untuk memenuhi keperluan hidup atau keinginan anda secara sehat. Sekali lagi, secara s-e-h-a-t ya sobat.

Dan dalam artikel ini, saya akan membahas tentang manfaat dari kartu kredit dan cara memakainya secara baik, tanpa harus terlilit hutang yang tidak tertagih nantinya.

Ok, kita mulai saja.

Siapa yang tidak kenal kartu kredit. Kartu yang diterbitkan oleh bank ini merupakan kartu yang sangat ajaib. Kenapa ajaib? Anda tidak perlu menabung ditempat Bank yang menerbitkan kartu kredit anda pun, anda bisa apply kartu kredit lhoo... Selain itu, saking ajaibnya, anda tidak mempunyai jaminan apa-apa dan anda diberikan uang secara cuma-cuma oleh Bank, serta boleh dipakai terserah anda.

Tapi walaupun demikian, tetap aja ya, diingat, ini adalah hutang/ saya ganti bahasanya ya untuk tulisan selanjutnya pada artikel ini, hutang menjadi kewajiban.

Banyak orang diluar sana, yang muingkin masih takut kredit di Bank. Alasannya beragam, takut didatangin debt collector lah sampai malu kalau ketahuan berhutang. Tapi, jika memakai kartu kredit, rasanya gak pernah malu sih, semua gengsinya pada naik kalau punya kartu kredit. Apalagi jika jenisnya platinum.

Mungkin yang bikin malu, jika ditagih oleh Bank karena tidak membayar. Dan satu lagi ya sobat, yang namanya debt collector di Bank itu tidak ada. Kalaupun anda macet, para penagih kewajiban anda adalah orang-orang yang menagih dengan penuh akal sehat, dan dengan cara baik-baik. Tidak sama seperti difilm-film yang mungkin anda pernah tonton ya. Jadi lupakan jika anda membayangkan hal buruk seperti itu.

Harap diingat ya sobat, setinggi apapun limit kartu kredit mu, jangan merasa bangga ya, karena itu bukan uangmu. Jadi harus digunakan secara bijak ya. hehe.

Nah, sekarang sebenarnya kartu kredit bisa digunakan buat apa aja sih?

Kartu kredit bisa digunakan untuk beli kebutuhan bulanan anda, terus beli barang keinginan anda (bedakan ya.. antara yang butuh dan yang ingin), serta untuk menambah modal usaha sampingan anda, juga bisa kok.

Bermanfaat banget kan kartu kredit itu sebenarnya.

Lalu kapan sih kita harus pakai kartu kredit?

Nah, disini anda harus pahami. Sebenarnya kapan aja sih boleh, seperti tidak bawa uang cash, memanfaatkan promo yang diberikan kartu kredit, beli barang secara online, atau apapun dan kapanpun boleh. Hanya saja kita perlu mengaturnya.

Cara mengatur kartu kredit secara cerdas itu gimana?

1. Hitung dan Rencakan Penghasilan Anda
Hitung penghasilan anda, dikurangi dengan seluruh tagihan dan kewajiban anda dibulan itu sebelum dikurangi kartu kredit. Pengurangan ini sudah termasuk dengan uang yang telah ditabung ya sobat.

2. Cek Harga dan Cek Kemampuan Bayar Anda
Cari tahu harga barang yang ingin dibeli dan rencakan, jika harus dilakukan pembayaran dengan sistem cicilan, anda bisa bayar berapa perbulannya.

3. Manfaatkan pembayaran minimum payment kartu kredit.
Pihak Bank penerbit kartu kredit, biasanya memperbolehkan melakukan pembayaran minimum payment sebesar 10% setiap bulannya. Tapi, ini tidak berlaku bagi kartu kredit yang dibayar secara sistem asngsuran.

Penjelasan tentang cicilan disini. Ada dua cara cicilan itu.

#1 Cicilan sadar diri (Ini istilah saya saja ya)

Cicilan ini, berdasarkan kesadaran diri anda saja. Misal harga barang 1 juta rupiah. Anda mau cicil 3 bulan lamanya tanpa sistem cicilan dari pihak Bank. Maka anda bisa bayar perbulannya sekitar 300 ribu rupiah perbulannya.

Lalu bagaimana dengan sisa pinjaman yang masih kena bunga?

Nah, disini sudah pasti akan ada pembayaran bunga berbunga. Maksudnya jumlah bunga dari sisa pinjaman anda akan menjadi tagihan kartu kredit anda. Dan tentunya kan menambah bunga beban anda dibulan depan donk..

Tapi menurut saya, karena itu masih menguntungkan kok. Kenapa?

Menguntungkan dari segi anda bisa mengatur keuangan anda. Setidaknya anda tidak harus disaat pembelian awal barang sudah harus keluar 1 juta rupiah. Sedangkan mungkin saja anda sangat memerlukan uang untuk hal lain disaat itu. Sehingga jika anda hanya membayar 300 ribu rupiah saja disaat itu, masih terdapat sisa 700 ribu rupiah untuk keperluan lain. Dan pembayaran lanjutannya dapat anda cicil di bulan depan.

Dengan schema seperti ini, saya pikir anda tidak akan masalah untuk mengeluarkan dana tambahan sebesar 2-3% perbulan dari total sisa hutang anda pada kartu kredit. Makanya saya menyarankan untuk mengecek terlebih dahulu harga barang yang ingin anda beli. Karena untuk masalah cicilan, hanya anda dan Tuhan lah yang paling tahu mengenai kemampuan membayar anda sendiri.

Anda merasa rugi karena bunga yang dikenakan?
Coba baca pada jenis cicilan kedua dibawah ini ya...

#2 Cicilan Dari Pihak Penerbit Kartu Kredit

Biasanya pihak Bank penerbit kartu kredit anda sering bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang menjual produk tertentu. Nah, jika telah mempunyai kerjasama, biasanya pihak bank penerbit kartu kredit anda, akan memberikan spesial benefit untuk para pelanggan perusahaan itu.

Benefit itu berupa cicilan dengan dp 0% serta bunga 0%. Selain itu, cicilan telah di jadwalkan oleh pihak Bank sendiri untuk setiap bulannya. Dan nilainya pun sudah fix, gak bisa dikurangi, dan harus diselesaikan hingga jadwal angsuran/cicilan anda Lunas. Jadi anda gak perlu ribet-ribet lagi ngitungin cicilan anda.

Tapi, ini ada kelemahannya. ketika anda tidak punya uang disaat waktu jatuh tempo pembayaran, anda akan mengalami penunggakan bayar dan record anda akan tercatat di BI Checking. Nah, ini pastinya akan merugikan anda donk, karena nama anda akan tercatat di BI sebagai nasabah yang pernah tertunggak selama 2 tahun lhoo..

Nah, jika anda memakai cara cicilan pertama (#1), anda mempunyai fleksibilitas yang tinggi terhadap bayaran bulanan anda. Yaitu jika anda tidak mempunyai dana yang cukup besar, dengan cara cicilan pertama, anda dapat membayar kartu kredit anda dengan nilai minimum payment. Biasanya pihak bank membolehkan minimum payment sebesar 10% dari total sisa kewajiban anda.

Jadi misalkan anda punya sisa kewajiban sebesar 700 ribu, bulan depan gak ada uang berlebih, anda dapat bayar sebesar 70ribu saja (10%). Lebih teratur lagi kan keuangan anda?

Lalu, bagaimana dengan menggunakan schema cicilan tetap. Misal anda mempunyai kewajiban setiap bulannya 300 ribu yang ditetapkan oleh pihak Bank, maka anda harus membayar 300ribu setiap bulannya. Tidak bisa membayar dengan minimum payment. Jika minimum payment yang anda bayarkan, maka anda akan tetap dianggap tertuunggak dalam pembayaran kartu kredit anda oleh pihak Bank.

Ini lah yang saya maksud kepada anda, manfaat dari kartu kredit yang dapat mengatur keuangan anda walaupun anda beli barang yang mahal namun anda tetap punya uang. Yaitu dengan cara memilih cara membayar kartu kredit yang tepat.

Nah, sekarang anda sudah mulai paham?

Atau malah tambah bingung? Jika bingung, silahkan bertanya dikolom komentar ya.

Semua hal-hal yang saya jelaskan diatas, hanyalah sebuah saran saja. Semua tergantung kepada anda, mau memilih yang mana. Karena anda yang paling tahu bagaimana kemampuan keuangan anda.

Sekali lagi saya ingatkan, gunakan kartu kredit dengan tepat ya sobat, karena itu bukan uang kita, walaupun limit yang diberikan kekita sangat besar.

Karena banyak orang-orang yang tidak mampu mengatur kartu kreditnya, berakibat terus dikejar oleh pihak Bank untuk dilakukan penagihan. Dan sobat pastinya tidak ingin seperti ini kan?

Dan ingat jika memakai kartu kredit, ada baiknya lunasi dulu, baru dipakai lagi. Jangan terus-terusan dipakai, apalagi memakai kartu kredit lainnya. Biasanya yang terjadi malah bayar hutang pakai hutang, bayar kartu kredit pakai kartu kredit yang lainnya. Jika sudah begini, cepat-cepatlah bertobat sobat. Jangan sampai seperti ini. Kecuali anda orang yang sudah sangat mampu dari segi finansial ya, itu gak ada masalah sama sekali.

Selain itu, jika anda mempunyai kesulitan dalam pembayaran kartu kredit anda, apalagi jumlahnya besar, mintalah restrukturisasi kartu kredit kepada pihak Bank. Mintalah kemereka agar anda mencicil kartu kredit anda secara bulanan. Dan mintalah tenor yang menurut anda, anda mampu membayarnya. Biasanya pihak bank akan memberikan solusinya.

Jadi jangan takut ya sobat kalau kredit di Bank, semua ada solusinya.

Mungkin itu saja yang dapat saya sharringkan saat ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian.

Jiak ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar ya.