[recent]

Saturday, 15 July 2017

INILAH FILM KARTUN PALING BERSEJARAH YANG PERNAH TAYANG DI TELEVISI INDONESIA



Siapa sih yang tidak menyukai film kartun?

Semua pasti menyukai yang namanya film kartun. Mulai dari yang muda hingga yang sudah tua pun pasti sangat menggemari menonton film kartun.

Kenapa film kartun begitu diminati?

Alasan paling utama adalah bentuk animasinya yang sangat indah dan penuh dengan warna-warna yang memanjakan mata untuk dilihat. Selain itu, tingkah konyol ataupun efek keren yang ditampilkan dari suatu animasi, juga menjadi nilai tambah penyebab banyaknya peminat film kartun.

Sebelum tahun 2017 ini, sebenarnya sangat banyak film kartun yang pernah tayang di televisi Indonesia ini. Namun karena suatu dan lain hal, banyak film kartun terutama dari Jepang, di larang untuk tayang di Indonesia.

Alasannya sangat beragam, dimulai dari adanya tayangan yang menampilkan kekerasan, hingga hal-hal yang berbau kearah dewasa atau 17 tahun keatas. Sehingga semakin mengarah bertambahnya tahun, film-film kartun di Indonesia sudah mulai disortir dengan ketat dan hanya yang memenuhi lulus sensor perfilman Indonesia saja yang dapat tampil.

Banyak orang yang mengeluhkan, kenapa film kartun yang notabene suatu hiburan malah dilakukan pemblokiran di Indonesia, sedangkan sinetron-sinetron yang kurang mendidik malah dipertahankan. Apapun itu alasannya, negara ini mempunyai peraturannya sendiri yang memang harus ditaati.

Di era tahun 90an hingga masuk fase milleninum tahun 2000-an keatas sebelum tahun 2010, sangat banyak sekali film kartun di Indonesia. Kebanyakan disiarkan di salah satu stasiun tv swasta seperti RCTI dan Indosiar.

Saya juga sangat ingat sekali, dulu dihari minggu selalu memaksakan diri saya untuk dapat selalu bangun pagi,  tujuannya tidak lain tidak bukan yaitu untuk menonton film kartu kesayangan saya, seperti doraemon, shinchan, p-man, one piece dan lain-lain. Semua film kartun tersebut ditayangkan dari pagi hingga siang hari. Dan saat itu sangat menyenangkan sekali untuk liburan di akhir pekan, sambil beristirahat dirumah. Tapi sekarang sudah berganti haluan, film kartun yang masih terpelihara hanyalah doraemon saja, sisanya hanyalah acara-acara yang menurut saya tidak begitu menghibur bagi anak-anak.

Tapi, sebenarnya bagi anda yang masih suka menonton film-film kartun yang dulunya sering tampil dilayar Indonesia, anda tetap dapat menyaksikan melalui saluran TV kabel berbayar, ataupun melalui media youtube. Karena masih banyak film-film tersebut tersebar di dunia internet.

Lalu, film kartun apa saja sih yang pernah tayang di Indonesia ini? Saya akan bahas yang sudah tidak tayang hingga yang masih tayang hingga sekarang.

Mari kita bernostalgia ya kawan.

1. Saint Seiya
sumberfoto:grosirtutorial.com
Film ini menceritakan tentang hero yang memiliki nama dan kekuatan berdasarkan zodiak yang pernah ada hingga sekarang. Tujuan dari para hero tersebut adalah untuk melindungkan Saori Kido yaitu seorang dewi yang dipercaya reinkarnasi dari dewi Athena. Film ini tercipta di tahun 80-an dan masuk ke Indonesia mulai tahun 90-an. Film Saint Seiya sendiri bergenre sebagai film anime series.

2. Gundam
sumberfoto:scrambird.blogspot.com
Film kartun Gundam ini pernah tayang di Indonesia di tahun 90-an. Film ini menceritakan tentang pertarungan antar robot galaxi. Walaupun film ini sudah tidak ada di Indonesia, tapi pencinta film ini makin banyak. dan masih tersedia di Youtube untuk versi terbarunya. Selain itu, banyak sekali penggemar film gundam, kini mengkoleksi mainan action figure Gundam, yang dijadikan sebagai hobi utama mereka.

3. Samurai X
sumberfoto:trome.pe
Film ini juga dulu sangat familiar dan sangat banyak penggemarnya di Indonesia. Film kartun ini bercerita tentang seorang samurai yang sangat hebat, yang dulunya dikenal sebagai Batousai, seorang pembunuh berdarah dingin dan tak terkalahkan. Seiring berjalannya waktu, sang batousai lebih ingin memanfaatkan kehebatan keahliannya dalam memainkan samurai untuk kebaikan saja.

4.One Piece
sumberfoto:blog.honeyfeed.com
Film ini sangat banyak peminatnya dari dulu hingga sekarang. Bahkan film ini belum ada tamatnya hingga sekarang. Petualang Luffy sang Bajak Laut terus berlanjut hingga sekarang dan makin banyak teman-teman dari Bajak laut topi jerami ini. Saya pun sebagai seorang penggemar film ini. Ceritanya yang lucu, konyol dan keren sangat memikat di hati dan ingin terus untuk menontonnya.

5. P-Man
sumberfoto:jurnalotaku.com
Ini merupakan film anak-anak yang sangat saya rindukan hingga sekarang. Film ini bercerita tentang anak SD yang mempunyai kekuatan super dari topeng dan sayapnya untuk menjadi seorang super hero. Film ini sebenarnya sangat bagus dan sangat menarik untuk di tonton, tapi entah mengapa, film ini telah tiada di televisi Indonesia.

6. Chibbi Maruko Chan
sumberfoto:Crunchyroll.com
Film kartun anak-anak yang membahas tentang anak perempuan SD, yang cukup lucu dalam keseharian sekolah dan keluarganya. Menurut saya film ini masih bagus untuk anak-anak tapi mungkin kurang peminat dari film ini, sehingga tidak pernah tayang lagi di Indonesia.

7. Crayon Shinchan
sumberfoto:duniaku.net
Siapa yang tidak tahu dengan film kartun satu ini? Kecuali anda lahir ditahun 2014 keatas, mungkin tidak pernah tahu tentang film ini. Film kartun yang mengisahkan tenang anak SD yang konyol dan bodoh-bodoh pintar serta sangat jenaka. Hanya sayang film ini sering menampilkan yang kurang baik bagi anak-anak sehingga keberadaanya pun dilarang di Indonesia. Selain filmya, komiknya pun sudah tidak ada lagi tersebar di toko buku di Indonesaia.

8. Ninja Hatori
sumberfoto:nmhana.com
Film kartun yang mengisahkan tentang anak SD yang memiliki seorang teman ninja yang sangat hebat, yaitu hatori. Selain itu, Hatori juga mempunyai musuh yang selalu jahil terhadap anak SD tersebut, sehingga Hatori selalu mencoba melindungi temannya. Film ini juga sudah tidak ada lagi di televisi Indonesia.

9. Detective Conan
sumberfoto:duniaku.net
Bagi anda yang suka dengan film detektif, pasti sangat menyukai film kartun satu ini. Film ini menceritakan tentang seorang anak SMA yang mempunyai kepintaran dan kecerdasan sebagai seorang detective. Dan dikarenakan kelicikan dari musuhnya, dia harus meneguk pil yang membuat tubuhnya menjadi kecil seukuran anak SD. Walaupun tubuhnya kecil, namun kemampuannya dalam menganalisa sebuah masalah tetaplah sangat akurat. Film ini sudah tidak terlihat laggi tayang di Indonesia. Kemungkinan dikarenakan film ini sering menampilkan adegan kekerasa dalam setiap permasalahan yang muncul untuk dihadapi oleh Conan.

10. Digimon
sumberfoto:MyAnimeList.net
Film kartun ini juga merupakan film kartun sangat booming dimasanya. Film ini selalu berevolusi setiap seri terbarunya. Mulai dari yang hanya berupa monster digital biasa, hingga penggabungan manusia dengan monster. Film ini mengisahkan tentang pertarungan antar monster digital dengan efek yang keren dan sangat tidak membosankan.

11. Pokemon
sumberfoto:9now.com
Film kartun satu ini mengisahkan tentang film persahabatan antara manusia dan monster yang lucu-lucu. Hampir mirip digimon, hanya saja monster dalam film ini diceritakan merupakan monster yang nyata yang terdapat pada lingkungannya dan bukan monster yang tercipta secara diigital. Film ini sangat booming dimasanya, serta ditahun 2016 kemaren telah dirilis sebuah game bernama Pokemon Go. Para pecinta pokemon sangat menyukai game tersebut dan sangat banyak yang antusias untuk bermain game ini.

12. Dragon Ball
sumberfoto:pinterest.com
Film yang satu ini dari dulu hingga sekarang memang tidak ada matinya bagi pecintanya. Hanya saja sekarang film kartun ini sangat dipenuhi dengan sensor yang berlebihan. Sehingga penikmat film ini di stasiun TV di Indonesia semakin berkurang.

13. Ranma
sumberfoto:pinterest.com
Mungkin film ini tidak begitu faimiliar. Karena keberadaan film kartun ini tidaklah lama di Indonesia. Film ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang dapat berubah menjadi seorang perempuan. Konten dari ffilm kartun ini cenderung mengarah ke arah dewasa, sehingga keberadaanya pun dilarang di Indonesia.

14. Captain Tsubasa
sumberfoto:pemulaanime.blogspot.com
Film kartun ini juga sangat banyak peminatnya. Film yang menceritakan tentang permainan Team Sepak Bola Jepang yang terus juara hingga ke Piala Dunia. Film ini sangat digandrungi anak-anak karena banyak anak-anak yang menyukasi sepak bola dan sangat terobsesi dengan adanya film ini. Namun seiring waktu, film ini juga akhirnya pudar ditelan jaman di perfilman Indonesia.

15. Spongebob
sumberfoto:chrone.com
Film kartun satu ini juga tidak berumur panjang di Indonesia. Dulu disiarkan setiap hari di di Global TV. Namun sekarang film tersebut tidak pernah lagi ditayangkan di TV Swastas di Indonesia. Mungkin bagi para pecinta film kartun ini, pasti sangat ingin kehadiran film ini tayang kembali.

16. Tom and Jerry
sumberfoto:play.google.com
Film ini tidak pernah ada matinya. Dari dulu hingga sekarang film kartun ini selalu ada. Film yang mengisahkan tentang perkelahian dan pertemanan antara kucing dan tikus ini, menjadi salah satu pilihan tontonan tersendiri bagi pecintanya. Seiring berjalannya waktu film ini terus ada dengan perkembangan animasi yang berbeda dari terdahulunya.

17. Doraemon
sumberfoto:tandapagar.com
Siapa yang tidak tahu Doraemaon? Kisah seorang robot dari abad 21 yang menemani seorang anak SD yang selalu sial dan tidak terlalu pintar bernama Nobita. Teman-teman Nobita tersebut adalah Giant, Suneo, Shizuka. 5 Tokoh ini merupakan tokoh utama yang selalu ada dalam setiap serinya. Hanya film ini yang tidak pernah pada di Indonesia. Dan umur dari film ini sudah sangat tua, namun tetap menjadi pilihan utama di hati para penggemarnya.

Nah, itulah beberapa film kartun yang pernah tayang di televisi Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi film-film kartun yang hadir di Indonesia dan sudah tidak hadir lagi ditelevisi Indonesia.

Semua film-film kartun tersebut banyak yang tergantikan dengan acara-acara yang menurut saya kurang begitu bagus konsepnya dan itu-itu saja, bahkan ada yang kurang mendidik. Namun, itu bagi saya, belum tentu bagi orang lain yang menontonnya. Semua punya penilaian.  Dan kita harus dapat menghormati semuanya serta peraturan yang ada.

Semoga suatu saat film-film kartun yang dulunya sudah tidak ada di Indonesia, dapat reborn kembali kepermukaan. Sehingga para pecinta film-film kartun tersebut dapat terobati rasa rindunya.

Jika kalian ingin menambahkan film-film lainnya, silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon