[recent]

Friday, 21 July 2017

Hobi Mahal Bukanlah Masalah Besar

sumber foto: http://www.tiptoplifestyle.com/
Setiap orang mempunyai hobi yang beragam, sesuai dengan keinginannya masing-masing. Hobi lebih terkait pada kesukaan seseorang terhadap suatu hal, dan jika dikerjakan tidak pernah terasa melelahkan, malahan akan sangat menikmatinya. Sampai-sampai kita tidak ingat waktu, karena sedang asyik dengan hobi kita sendiri.

Hobi sendiri sangat beragam bagi sebagian orang. Ada yang memenuhi hobinya dengan cara mengeluarkan uang yang tidak sedikit, namun ada pula yang tidak perlu mengeluarkan kocek sedikit pun. Hobi umumnya adalah sebagai penghilang rasa jenuh dalam kehidupan kita, serta pembuat mood kebahagiaan bagi diri kita. Dengan hobi, paling tidak anda tidak perlu dirundung kesedihan  ataupun kegalauan.

Namun, ada juga orang-orang yang malah galau karena hobinya. Kok bisa ya?

Hal ini kebanyakan dialami oleh orang-orang yang mempunyai hobi yang mahal. Untuk memenuhi kebahagiaan dari hobi yang mahal ini, orang-orang rela bekerja mengumpulkan uang untuk memenuhi hobinya tersebut. Tidak bisa kita pungkiri, kebahagiaan saja dijaman sekarang ini juga harus ada bayarannya.

(Baca Juga: Atur Cara Berhemat Anda Mulai Dari Sekarang)

Lalu apa saja sih hobi yang mahal itu?

Mari kita melihat satu-satu hobi yang mahal tersebut. Yang saya akan bahas disini tidak semua hobi, hanya hobi yang saya ketahui saja, jika anda ingin menambahkan hobi anda, bisa langsung tuliskan di kolom komentar.

1. Parfum
sumber foto: http://www.harianindo.com
Mengoleksi parfum merupakan hobi tersendiri bagi sebagian orang. Hobi ini tidak terkait apakah dia laki-laki ataupun dia perempuan, semua sama saja. Umumnya orang-orang dengan hobi ini suka mengoleksi parfum dari yang murah sampai yang paling mahal. Ketertarikan akan wangi dari parfum, menjadi ketertarikan tersendiri bagi orang-orang yang mengoleksinya. Selain itu, botol-botol parfum serta kotak-kotak kemasan parfum yang mungkin bisa dibilang "branded" sangat membuat gengsi seseorang menjadi sangat meningkat, karena mampu mengoleksi parfum-parfum mahal tersebut.

2. Tas
sumber foto: http://www.tasmutiara.com
Umumnya ini juga merupakan hobi yang sangat diminati oleh banyak perempuan. Tas yang sangat bagus dalam detailnya dan keindahannya ketika dipakai, menjadi ketertarikan tersendiri saat memilikinya. Tas-tas bermerk umumnya sangatlah mahal, dan maka dari itu hobi ini juga menjadi bagian dari hobi yang mahal. Perempuan pada umumnya sangat menyukai model-model terbaru terhadap suatu tas, karena penampilan yang menarik, akan meningkatkan kepercayaan diri seorang perempuan.

3. Action Figure
sumber foto: https://www.aliexpress.com
Bagi anda yang mempunyai hobi ini, pasti sudah sangat tahu bahwa mengoleksi suatu action figure itu bukanlah hobi yang murah. Barang-barang yang dibuat dari plastik ataupun karet ini, sangat banyak peminatnya. Selain itu walaupun terbuat dari bahan plastik dan karet, harga yang diberikan pada satu action figure dapat berada diangka jutaan bahkan puluhan juta. Semua tergantung dari segi detail action figure itu sendiri serta kerumitannya dalam hal perakitan. Hobi-hobi seperti ini paling banyak digemari oleh para laki-laki, namun para perempuan pun ada juga yang mempunyai hobi seperti ini.

4. Jam Tangan
sumber foto: http://www.elevenia.co.id
Mengkoleksi jam tangan kadang dijadikan hobi bagi sebagian orang. Ada orang yang sangat menyukai hobi ini, mempunyai koleksi jam tangan yang sangat banyak dan sangat beragam. Hobi ini termasuk mahal dikarenakan orang-orang yang mengkoleksi jam tangan sebagai hobi, tidak akan pernah membeli barang yang KW/Imitasi. Mereka pasti lebih memilih barang original. Hal ini dikarenakan, jika dapat memiliki barang yang bagus, pastinya akan menghasilkan kepuasan tersendiri bagi diri si punya hobi.

5. Barang Antik
sumber foto: http://tipsindonesia.com
Masih banyak orang-orang yang mengoleksi barang antik. Umumnya orang-orang yang menyukai artistik dari sebuah benda. Seni dari sebuah barang antik memiliki kesan tersendiri bagi orang-orang yang mempunyai hobi mahal ini, apalagi barang tersebut mempunyai umur yang sudah sangat tua. Barang-barang antik yang mungkin bagi sebagian orang terlihat biasa-biasa saja, sebenarnya memiliki harga yang sangat mahal. Detail dari seni pembuatannya, serta umur dari barang antik tersebut akan mempengaruhi harga dari barang antik tersebut. Umumnya orang-orang yang mempunyai hobi ini, sangat suka memajang barang-barang antiknya dirumah mereka sebagai pajangan.

Sebenarnya sangat banyak hobi-hobi yang mahal diduia ini. Mungkin ada ribuan jenisnya. Tapi saya disini hanya merincikan lima saja, sebagai contoh hobi yang mahal. Hobi mahal ini harus dapat terpenuhi dengan mengambil kocek yang tidak sedikit dari dompet kita. Ini juga kita lakukan hanya untuk memuaskan diri kita sendiri, dan mendapatkan kebahagiaan dari melakukan hobi-hobi ini.

Lalu apakah salah punya hobi yang mahal ini?

Sebenarnya tidak pernah salah jika anda memiliki hobi. Itu adalah hak semua orang untuk bisa memenuhi semua hobinya. Saya pun mendukung dengan hobi-hobi mahal yang anda miliki. Jangan sampai kita menderita hanya karena hobi kita gak kesampaian.

(Baca Juga: 10 HAL PENGHALANG KESUKSESAN ANDA DALAM BERBISNIS MAUPUN BEKERJA)

Tapi mungkin yang harus anda perhatikan adalah momen yang tepat untuk memenuhi hobi-hobi mahal anda tersebut.

Janganlah terlalu mementingkan ego anda sendiri untuk memenuhi semua hobi mahal anda itu. Lihat momen yang tepat, khususnya keuangan anda disaat itu. Jika disaat itu sudah anda rencanakan untuk memenuhi hobi anda sebelumnya dan direncanakan sudah jauh-jauh hari, hal ini tidak masalah. Tapi jika momen tidak tepat dan anda memaksakannya, inilah langkah yang kurang tepat.

Bijaksanalah dalam merencanakan pemenuhan hobi-hobi anda yang mahal itu. Dulukan kewajiban anda, baru deh hobi anda bisa dipenuhi tanpa beban. Tepatnya bersabar jika hobi anda saat ini belum bisa kesampaian.

Saya juga sering ingin sekali memenuhi hobi saya setiap bulannya, tapi saya pikir itu tidaklah bijaksana. Karena masih banyak hal yang lebih penting yang harus saya penuhi dibandingkan dengan hobi mahal saya sendiri.

Solusi yang saya ambil, jika saya ingin memenuhi hobi saya yang mahal, adalah dengan cara melaksanakan hobi saya yang lain, yang lebih murah. Seperti membaca dan menulis artikel ini.

(Baca Juga : BELAJAR SUKSES DARI JACK MA FOUNDER OF ALIBABA)

Orang-orang seperti anda dan saya pasti punya banyak hobi, jadi usahakan, jika satu hobi tidak dapat terpenuhi, dapatkan kesenangan anda dari hobi yang lain. Jangan terlalu memaksakan diri.

Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.


EmoticonEmoticon