[recent]

Thursday, 20 July 2017

Hebatnya Bisnis Online Masa Kini Dan Masa Depan

sumber foto: https://www.warungrakyat.com
Kita dijaman sekarang ini telah memasuki jaman dimana semua serba canggih, serba cepat dan serba instan. Semua orang tidak ingin mengalami hal-hal yang meribetkan dirinya sendiri. Semua orang di masa kini sangat menjunjung tinggi apa itu kenyamanan dalam mengatasi semua kebutuhan hidup. Ditambah lagi, dijaman yang secanggih sekarang ini, teknologi semakin berkembang dan semua orang sangat bergantung kepada setiap fasilitas teknologi tersebut. Semakin baru maka akan semakin diikuti setiap perkembangannya.

Dulu ditahun 2000-an kebawah, orang-orang dalam memenuhi kebutuhan hidup khususnya dalam belanja suatu barang, orang-orang masih secara langsung melakukan transaksi di toko-toko atau di pasar-pasar yang menjual kebutuhan mereka. Namun, seiring berjalannya waktu seperti sekarang ini, semua telah banyak berubah. Perubahan itu tidak lain tidak bukan adalah akibat dari kemajuan teknologi yang semakin cepat dari tahun ketahunnya.

Apakah perubahan tersebut?

Bisnis Online lah jawabannya.

Dalam 10 tahun terakhir, bisnis online mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dijaman teknologi yang canggih seperti sekarang, orang-orang sangat menyukai yang namanya bisnis online, contohnya seperti online shop.

Banyak sekali diberitakan sekarang ini,  toko-toko penjualan barang kebutuhan masyarakat mulai tutup keberadaannya secara offline business. Kenapa ini bisa terjadi?

Hal ini dikarenakan orang-orang saat ini mulai  merasa sangat nyaman dalam melakukan transaksi pembelian barang secara online. Tidak perlu membuang-buang waktu ataupun tenaga dalam membeli sesuatu, tinggal klik dan bayar saja, kita sudah dapat membeli barang yang kita inginkan dan sampai dirumah dengan sendirinya.

Hal ini juga berlaku bagi sipenjual. Tidak perlu menyewa sebuah toko, hanya bermodalkan barang yang akan dijual dan pulsa beserta kuota saja, bisnis online pun dapat berjalan.

Ditambah lagi, dijaman sekarang tersedia fasilitas e-commerce dan marketplace yang memberikan kenyamanan bagi sipenjual dan pembeli dalam bertransaksi secara aman melalui rekening bersama yang dimiliki oleh pihak pembuat e-commerce dan marketplace. Di Indonesia sendiri e-commerce yang cukup terkenal adalah seperti Lazada. Dan beberapa marketplace terbesar di Indonesia seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Adanya fasilitas bisnis online seperti ini, sangat berdampak hebat bagi perkembangan pasar di Indonesia. Dijaman sekarang saja kehebatan bisnis online ini sudah sangat terlihat. Banyak orang yang senang berbelanja online dibandingkan dengan berbelanja offline.

Hal ini didasari karena pilihan yang sangat mudah dicari dipasar online akan barang yang kita inginkan, serta beribu-ribu jenis barang dapat kita lihat dan pilih secara mudah, tanpa harus bersusah payah mengeluarkan tenaga, pergi dari toko satu ketoko lainnya, layaknya belanja dipasar offline. Selain itu berbelanja secara online juga tidak terbatas dengan ruang dan waktu. Artinya kapan saja dan dimana saja anda membelinya, bahkan disuatu negara lain pun dan anda membeli sebuah barang pada daerah di negara lain tersebut, itu tetap dapat dilakukan.

Jika sudah begini, apakah tidak mungkin jika bisnis online dimasa depan semakin maju?

Dengan fasilitas yang sangat memanjakan seperti ini, pasti semua orang ingin bisnis online didunia ini semakin berkembang. Tidak ada orang yang ingin mengalami kemunduran akan jaman yang mereka jajaki. Semakin maju adalah pilihan yang tidak dapat dihindarkan.

Dimasa sekarang saja, bisnis online sudah sangat menjamur dan semakin pesat, maka bukan tidak mungkin dimasa depan, semua orang akan beralih secara penuh untuk terus memakai fasilitas bertransaksi secara online.

Kalau sudah begini, apakah mall atau toko-toko tidak akan laku lagi?

Menurut saya, tidak juga. Mall dan toko lainnya masih tetap dapat terus berkembang. Hanya saja kebanyakan untuk penjual yang masih memiliki toko, akan membuat tokonya hanya berisikan sample-sample barang yang ingin dipesan saja oleh para pembelinya, ataupun orang-orang yang ingin membeli secara langsung.

Selain itu, mall tidak akan pernah bangkrut hanya karena bisnis online. Karena mall dijaman sekarang tetap diidentikan sebagai bagian dari tempat wisata yang dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan dalam keseharian hidup.

Itulah sedikit ulasan tentang hebatnya pengaruh bisnis online di masa kini dan di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda mempunyai pendapat lain, silahkan berkomentar saja ya sobat.