[recent]

Sunday, 23 July 2017

7 Cara Menumbuhkan Pikiran Positif

sumberfoto: https://www.fashable.org
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang ataupun makhluk apapun selalu berpikir dalam setiap tindakan yang akan dia lakukan. Pikiran-pikiran ini muncul untuk menanggapi semua reaksi lingkungan luar yang berkontak langsung dengan diri kita. Jika lingkungan disekitar kita memiliki pengaruh yang baik, maka pemikiran baik akan ada pada kita,. Begitu pun sebaliknya, jika lingkungan kita kurang baik, maka pemikiran kurang baik pun akan menghampiri kita.

Tapi, ada juga pemikiran orang yang tidak terpengaruhi oleh lingkungan disekitarnya. Orang-orang seperti ini biasanya sudah mampu untuk menguasai pikirannya sendiri. Sehingga dia selalu bisa memberikan pikiran-pikiran yang bersifat dari keinginannya sendiri.

Setiap orang pasti sangat menginginkan kebahagiaan. Tidak ada orang yang mau dihampiri oleh kesedihan. Hanya saja, pengaruh pikiran negatif ataupun buruk terkadang lebih kuat daripada pengaruh pikiran yang positif. Sehingga terkadang orang sangat sulit untuk mengendalikan dirinya untuk selalu berpikiran positif.

Sebenarnya kita sebagai manusia sangatlah spesial. Kita sangat mampu untuk mengendalikan pikiran kita, hanya saja kita perlu melatihnya. Intinya, jika ada pilihan antara kesedihan dan kebahagiaan, maka pilihlah kebahagiaan. Dan jika harus memilih antara berpikir positif atau berpikiran negatif, maka pilihlah pikiran yang positif. Bahagia adalah hak yang seharusnya tidak pernah lepas dari kehidupan anda.


Lalu, bagaimana cara menumbuhkan pikiran positif tersebut? Agar kita selalu berpikiran positif setiap saat. Mari kita simak.

1. Perkuat Motivasi Hidup Anda Ketika Bangun Tidur di Pagi Hari
sumbefoto: http://gretchenrubin.com
Ini sangatlah penting. Ketika anda harus menghadapi kehidupan anda di hari ini, dihari anda akan melakukan aktifitas keseharian anda, pertajamlah motivasi hidup anda. Baca quote tentang motivasi hidup anda yang paling kuat dan paling cocok dengan anda. Usahakan, anda mempunyai 1 quote yang paling membuat anda semangat dan ulangi terus untuk membacanya setiap hari, maka lambat laun pikiran positif dan kepercayaan diri anda akan semakin meningkat.

2. Keluar Dari Aktifitas Sehari-hari Anda Yang Membuat Anda Jenuh
sumberfoto: http://www.ideachampions.com
Kita memang mempunyai aktivitas yang itu-itu saja yang harus kita hadapi setiap harinya. Bosan?sudah pasti kita rasakan. Cobalah untuk mengistirahatkan diri anda dari semua kejenuhan itu. Refresh otak dan jiwa anda agar anda dapat membuat diri anda menjadi lebih segar dan tidak mengalami stress yang berlebihan akibat dari kejenuhan anda. Jika anda seorang pekerja, maka ambilah cuti dan berliburlah. Jika tidak dapat cuti disaat ini, maka manfaatkan liburan akhir pekan untuk berlibur sejenak. Jangan hanya diam dirumah, itu hanya akan membuang waktu liburan anda menjadi percuma.


3. Bergaul Dengan Teman-teman Anda Dan Tertawalah
sumberfoto:http://www.irishexaminer.com
Saya yakin anda pasti mempunyai banyak teman. Kalaupun sedikit, juga tidak masalah. Bergaul dengan teman-teman anda sangatlah banyak caranya. Bisa melalui medsos ataupun janjian disuatu tempat untuk bertemu. Yang paling saya sarankan adalah berkumpulah dengan teman-teman anda disuatu tempat. Jangan cuman berdiam diri dirumah anda. Keluarlah dari semua hal yang membuat anda jenuh. Pergilah ketempat-tempat seperti cafe, mall, warkop, atau apapun juga bersama teman-teman anda. Paling tidak, anda akan sedikit banyak melupakan semua pikiran-pikiran negatif yang melanda anda sebelumnya. Selain itu, jangan lupa, tertawalah bersama teman-teman anda. Tertawa sangat mempunyai efek yang positif, karena anda dapat melepaskan semua emosi anda melalui tawa dan canda.
4. Lakukan Hobi Ringan Anda
sumberfoto: http://www.telegraph.co.uk
Hobi juga dapat menumbuhkan pikiran yang positif bagi anda. Hal ini dikarenakan hobi merupakan sesuatu hal yang sangat kita sukai jika kita kerjakan. Jika anda menyukainya, maka anda akan berbahagia akan hal itu. Kebahagiaan ini akan menumbuhkan pikiran positif dalam diri anda. Apapun hobi anda, maka laksanakanlah, cari hobi yang ringan yang membuat anda menjadi senang.


5. Tersenyumlah Pada Setiap Kejadian
sumberfoto: http://www.inspiringwomen.co.za
Jika anda sedang mengalami kegundahan ataupun kegalauan yang membuat pikiran anda menjadi sangat negatif terhadap kehidupan atau bahkan diri anda sendiri, maka cobalah untuk ikhlas lalu tersenyumlah.

"Anda tidak bisa tersenyum?"

Tidak mungkin! Anda bisa. Senyumlah pada setiap kejadian yang datang pada anda dan ikhlaskan semuanya. Tidak usah berpikir bagaimana caranya tersenyum disaat anda galau, cukup senyum saja. Setelah senyum, ikhlas, tutup mata anda dan rasakan kebahagiaan ringan dalam diri anda. Disaat ini paling tidak akan meringankan sedikit pikiran anda, dan dapat menumbuhkan pikiran positif dalam diri anda sedikit demi sedikit.

6. Berdoa, Pasrah, dan Berserah
sumberfoto: http://www.arasulazar.org
Berdoa merupakan cara yang ampuh dalam menumbuhkan pikiran yang positif. Ingatlah disaat anda berdoa, Tuhan ada dihadapan anda dan anda sedang mengobrol dengannya. Pasrahkan dan percayakan kepada-Nya semua permasalahan anda dengan cara berserah diri. Sehingga anda tidak perlu lagi merangkul pikiran anda dan mengikatnya dengan erat. Anda sudah menitipkannya kepada Tuhan, sisanya anda hanya cukup berusaha dan percaya jika tangan Tuhan akan selalu menolong anda. Kembangkan pikiran positif, karena jika anda berpikiran positif, dan kebahagiaan anda muncul, maka semua rintangan dihadapan anda akan terasa ringan.

7. Berbahagialah
sumberfoto: https://www.google.co.id
Ini inti dari semuanya, "Berbahagialah". Anda pantas mendapatkan kebahagiaan dalam hidup anda. Semua pikiran negatif yang membuat anda murung, hanyalah sebuah pikiran ilusi yang anda buat dan sebenarnya tidak terjadi disaat itu. Maka buatlah dan kembangkanlah pikiran positf anda ditambah dengan 6 cara diatas, sehingga kebahagiaan bagi diri anda akan dengan mudah didapat. Sekali lagi saya bilang, "Anda Pantas Berbahagia".


Itulah yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Jika anda dirundung kesedihan dan pikiran negatif yang membuat anda tumbang, cobalah menerapkan hal-hal diatas dengan "tenang". Karena sebenarnya ini semua ada dikepala anda sendiri. Anda cukup mengembangkannya dan menumbuhkannya dalam hati dan pikiran anda. 

Ayo mari berpikir positif mulai dari sekarang. Semoga Bermanfaat.