[recent]

Sunday, 30 July 2017

Hobi Koleksi Gundam Kini Makin Banyak Digemari

Sumberfoto: https://hlj.com
Mungkin di jaman masa sekarang istilah Gundam, masih banyak orang yang tidak mengetahui. Ini dikarenakan, gundam dikenal ditahun 90-an, dan tentunya penggemarnya adalah orang-orang yang lahir di tahun itu.

Sebagai perkenalan saja, gundam dikenalkan di Indonesia dalam bentuk sebuah film kartun, yang mempunyai cerita tentang pertempuran antar robot galaxy. Robot-robot tersebut mempunyai kemampuan yang luar biasa, dibarengi dengan kemampuan para pilotnya yang handal dalam mengendalikan robot-robot tersebut.

Jenis- jenis robot yang ditempilkan pun sangatlah keren dan bagi pecinta robot, pasti sangat menyukai film kartun satu ini.

Disaat sekarang, film kartun gundam tetapa ada, dan sudah banyak modifikasinya. Salah satunya tentang permainan pertandingan gunpla, yang terlebih dahulu dirakit lalu dipertarungkan. Sejenis film kartun tamiya. Jika anda tertarik menontonnya, bisa klik video dibawah ini untuk episode 1:


Oke, balik ke hobi mengoleksi gundam ataupun merakit gundam. Hobi ini sudah sangat banyak peminatnya. Terbukti walaupun harga yang ditawarkan oleh mainan gunpla ini, orang-orang yang memang sudah sangat hobi dengan mainan ini, akan rela mengeluarkan koceknya demi menyalurkan hobinya tersebut.

Harga dari satu mainan gundam (gunpla) ini, ditawarkan dengan harga yang beragam. Di Indonesia sendiri paling murah diangka 100ribu dan untuk yang paling mahal, mungkin saya belum bisa pastikan. Karena harga gunpla diatas 10 juta pun ada yang menjualnya.
"Lalu, apa sih yang menyebabkan hobi ini kok mahal banget? Padahal hanya sebuah mainan plastik."

Yang membuat gundam/gunpla menjadi suatu mainan yang mahal dikarenakan karena beberapa faktor, seperti detail, jenis stiker, ukuran, merk, dan grade. Untuk merk, yang dikenal dengan originalitasnya adalah merk BANDAI. Dan untuk grade dari yang paling murah hingga mahal, yaitu Super Deformed (SD), High Grade(HG), Real Grade (RG), Master Grade (MG), dan Perfect Grade (PG).

sumber foto: https://www.otakujournalist.com
Sebenarnya tidak terlalu mahal kok untuk mainan ini. Untuk gundam/gunpla seharga 350-500 ribu, kita sebenarnya sudah bisa mendapatkan gunpla yang cukup bagus dari segi detailnya, umumnya dengan grade RG(Real Grade) dan bermerk Bandai.

Saya sendiri suka mengkoleksi gundam Bandai dengan grade RG. Untuk grade MG saya lebih senang memakai merk diluar Bandai, karena lebih murah. Tapi, bagi anda yang punya dana berlebih, lebih baik beli yang original saja dari produsen Bandai.

Keasyikan dalam hobi merakit gundam/gunpla ini adalah dari segi merakitnya. Semakin rumit, makan akan semakin seru. Seakan-akan kita membangun suatu hal yang sangat keren nantinya, jika sudah rampung semua. Ada kepuasan tersendiri dalam melakoni hobi ini. Selain itu, kita juga bisa berkreatifitas dengan gundam/gunpla yang kita miliki. Kita dapat memodifikasi gundam/gunpla kita sesuai kreatifitas kita, mulai dari bentuk, aksesoris, warna dan lain-lain. Tentunya untuk mendukung hal-hal tersebut, diperlukan skill khusus dari seorang builder gundam/gunpla.

Selain itu juga, bentuk-bentuk dari robot gundam yang keren, membuat kita merasa senang jika memajangnya, sebagai hiasan dirumah.

Kalangan yang menyukai hobi ini tidaklah terkait usia. Dari yang muda hingga yang tua, snagat menggemari hobi ini. Sehingga peminat dari hobi ini sangatlah banyak dan terus semakin bertambah. Ditambah lagi, gundam/gunpla ini selalu mempunyai inovasi produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan Bandai di Jepang.
Jadi, apakah anda penggemar gundam/gunpla juga?

Gundam apa yang kalian suka?

Tulis dikomentar ya. :)

Semoga artikel ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon