[recent]

Friday, 23 June 2017

SUKSES SEBAGAI SEORANG MARKETING?WHY NOT?

Tags

sumberfoto:LittlegatePublishing.com
Dijaman seperti sekarang ini, sangatlah sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Bayangkan saja, ribuan mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi, tidak dapat diimbangi dengan keberadaan lapangan kerja yang tersedia. Alhasil, banyak sekali pengangguran yang terjadi. Begitu sulitkah mendapatkan sebuah pekerjaan? Apakah bisa bekerja tanpa tergantung pada sebuah instansi apapun?

Sebenarnya didunia ini, ada satu pekerjaan yang tidak pernah habis lowongannya, baik di perusahaan tertentu maupun usaha kita pribadi. Pekerjaan itu adalah "Marketing".

Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar pekerjaan sebagai Marketing??

Takut?Malu?Pekerjaan yang tidak bisa lama untuk bertahan?

Jika pemikiran itu yang ada dibenak anda, maka buanglah jauh-jauh mulai dari sekarang. Disini saya akan berbagi sedikit pemikiran kepada anda, bahwa pekerjaan sebagai seorang tenaga pemasar/marketing itu, merupakan pekerjaan yang paling banyak orang suksesnya!!

Percaya atau tidak?? Itu semua tergantung kepada anda.

Marketing atau marketer merupakan profesi pekerjaan yang tugasnya adalah menjual sebuah produk, baik terkait produk diperusahaan tertentu atau produk barang anda sendiri. Umumnya, marketing mempunyai target-target penjualan yang harus dipenuhi. Tentu, tujuannya agar seorang marketing mampu bekerja dengan maksimal dan jika dapat memenuhi target perusahaan maka mereka mendapatkan hadiah berupa bonus dari penjualan yang telah dilakukan.

Pekerjaan sebagai seorang marketing, dianggap sebagai pekerjaan yang bergengsi bagi sebagian orang, dikarenakan pekerjaan ini menjanjikan jenjang karir yang pasti dan kesempatan untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi diperusahaan sangatlah besar. Selain itu, jika anda bekerja sebagai seorang marketing, sebuah posisi yang anda idam-idamkan disuatu perusahaan, tidaklah mengenal berapa lama anda bekerja, ataupun berapa umur anda, namun seberapa besar pencapaian andalah yang akan diperhitungkan. Semakin cepat, ya semakin baik.

sumberfoto:DLBConsulting.com
Ngomong-ngomong masalah pencapaian, ini sangat menjadi dilema bagi seorang marketing. Selain terasa sulitnya untuk mencapai target yang diberikan, terkadang perasaan seperti malu dan takut bertemu dengan calon customer sangatlah sering dialami bagi seorang marketing. Tidak terkait, apakah dia seorang marketing senior ataupun junior, semuanya mengalaminya. Namun, jika anda ingin benar-benar sukses sebagai seorang marketing, tembok-tembok penghalang itu, sudah harus anda pecahkan. Karena semua pemikiran negatif itu hanyalah ilusi dari pikiran anda sendiri. Jika bisa berpikiran positif, kenapa harus berpikiran negatif?

Tips, dari saya, apabila anda seorang marketing yang terkait dengan suatu instansi, baik itu swasta maupun pemerintah. Teruslah berusaha untuk dapat bekerja dengan baik, jangan terlalu memikirkan target anda. Apabila anda bekerja dengan penuh tekanan akan target, dipagi hari anda sudah lesu akan target, maka hari itu anda akan dipenuhi dengan rasa tidak nyaman dalam bekerja. Anda akan tidak fokus dengan pekerjaan anda, dan berakhir pada stress yang lebih tinggi. Saran saya anda cukup katakan pada diri anda, "Saya akan bekerja dengan baik hari ini". Jika anda mengembangkan sifat dan pemikiran positif dalam diri anda, maka anda dapat menjalani pekerjaan anda secara maksimal, enjoy dan tanpa terasa target bisa tercapai. Jadi, sekali lagi, jangan dipusingkan dengan target dulu yaaa, kerja saja.

sumberfoto:Ratusan-Info.blogspot.com
Namun, bagaimana jika, sudah berusaha, namun target tidak tercapai juga, bahkan mengalami kemunduran. Disini anda harus introspeksi diri. Jika anda telah melakukan yang terbaik, berusaha dengan keras, namun hasil belum juga didapat, coba gunakan teknik persuasif lainnya. Atau jadi target market lain, yang mungkin bisa memberikan peluang lain untuk anda. Trial and error selalu digunakan dalam setiap planning anda sebagai seorang marketing, dan jangan pernah menyerah. 

sumberfoto:Colourbox
Dan ingat, jangan pernah membohongi diri anda sendiri dan menyalahkan orang lain dari kegagalan anda. Contoh, anda sudah merasa paling berusaha, padahal anda hanya bertemu dengan 5 customer seminggu dan tidak menjual apa-apa. Anda berkeluh kesah, bahwa produk ini tidak bagus, tidak layak untuk dijual, perusahaan ini kurang mendukung, dan lainlain. Sedangkan teman anda yang berprofesi sama dengan anda, seminggu betermu dengan 20 customer, tanpa mengeluh, dia dapat menjual 5-7 barang seminggu. Kebayangkan?? Sebagai seorang marketing kita sering mencari pembelaan, padahal itu salah besar, dan anda telah membohongi diri anda sendiri.

Pekerjaan sebagai seorang marketing tidak hanya bagi orang yang bekerja di suatu perusahaan tertentu saja. Karena bagi orang yang mempunyai usaha sendiri pun, dia sendirilah yang menjadi marketingnya. Tanpa memasarkan produknya, mana mungkin suatu usaha dapat berkembang. Bedanya, bagi orang yang memasarkan produknya usahanya sendiri, biasanya jauh lebih keras kerjanya dibandingkan dengan  orang-orang yang bekerja disuatu perusahaan. Karena jika dia tidak bekerja keras, maka hasil yang ingin dicapai untuk penghasilannya akan sangat jauh dari yang diharapkan atau bahkan nol.

Jadi, sebenarnya pekerjaan menjadi seorang marketing, merupakan pekerjaan yang sangat diperlukan dimanapun juga. Tanpa marketing perusahaan apapun dan bisnis apapun, tidak dapat berkembang dengan baik. Marketing merupakan ujung tombak dari semua jenis perusahaan atau bisnis apapun juga. Bagi para team support yang mensupport para marketing, saya harap dapat menghargai pekerjaan rekan seteamnya yang berprofesi sebagai marketing. Karena pekerjaan sebagai marketing sangatlah penuh dengan perjuangan dan pengorbanan. Dan jika disupport dengan team yang baik, maka cita-cita perusahaan yang ingin diraih akan semakin mudah untuk dicapai.

Dari penjelasan diatas mungkin anda berpikir, "Sulit juga ya jadi marketing??"

Karena sulit itulah, makanya banyak orang-orang yang dapat melewati itu semua, dapat melejit naik ketangga kesuksesannya. Ketika anda berani masuk ke zona tidak nyaman anda, anda akan diolah disana menjadi seorang yang benar-benar tangguh. Dan jika anda sudah dapat beradaptasi dan menguasainya, maka kesuksesan itu ada digenggaman anda dengan sangat mudah.
sumberfoto:FreemanXP.com
Owh iya, satu lagi, Marketing merupakan profesi yang jika loncat dari perusahaan satu keperusahaan lainnya, akan dibayar lebih mahal lagi dari perusahaan sebelumnya. Karena marketing sangat mudah menjual dirinya, apalagi anda yang sudah sangat profesional dibidangnya. Bagi pemula, jangan berkecil hati, tidak ada orang sukses secara instan ya. Anda harus benar-benar nikmati processnya dan terimalah hasilnya yang luar biasa!!
sumberfoto:Hipwee.com
Jadi, mau sukses sebagai seorang marketing??Why not?

Anda semua adalah orang yang spesial dan mempunyai kemampuan yang spesial pula.

Jangan ragukan kemampuan yang anda miliki!. Semua orang berhak kaya! Berhak sukses!

Demikian yang dapat saya sampaikan pada artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Jika ada pertanyaan atau yang ingin menambahkan pengalamannya tentang menjadi seorang marketing, silahkan tinggalkan dikolom komentar ya sobat.