[recent]

Monday, 26 June 2017

PILIH KERJA JADI KARYAWAN ATAU JADI PENGUSAHA

sumberfoto:seribupeluang.blogspot.com
Pilih Kerja jadi karyawan atau buka usaha sendiri?

Mungkin pertanyaan ini sering kita tanyakan ke diri kita sendiri, ketika kita bingung untuk mendapatkan penghasilan.

Muali dari bingung karena sudah melamar pekerjaan tapi tidak juga datang panggilan interview, atau sudah kerja tapi tidak nyaman dengan kerjaan sekarang atau anda ingin dapat penghasilan sampingan lainnya.

Pertanyaan itu lumrah sih, dan sering terjadi juga pada diri saya sendiri.

Sampai-sampai saya coba keduanya, yaitu kerja dan buka usaha sampingan. Tapi mana yang lebih baik, saya juga susah jawabnya. Karena kedua-duanya menguntungkan.

Kalau usaha lagi sepi, gajih bulanan dari kerja, bisa jadi angin segar buat kehidupan saya. Tapi kalau usah lagi rame, waduuh kerja berasa malas, dan berasa ingin fokus diusaha aja.

Plin plan banget ya..
Mungkin ini yang namanya manusia, tidak pernah merasa puas dengan apapun yang telah dimiliki.

Dalam artikel ini, saya mau share sedikit pemikiran saja mengenai, pertimbangan, buka usaha sendiri atau memilih kerja di suatu perusahaan.

Saya gak bisa menilai bahwa, kerja lebih bagus daripada buka usaha sendiri, ataupun sebaliknya. Semua kembali ke anda.

Semoga pemikiran ini bisa menjadi pertimbangan anda ya sobat.

Mari kita mulai...

Buka Usaha Sendiri
sumberfoto:waktuku.com
Buka usaha sendiri itu, banyak sih peluang yang bisa kita garap. Mulai yang dari kecil, sampai yang besar, yang tentunya modal pemula ya. 

Mari kita list.

1. Jualan makanan seperti nasi goreng
2. Jualan pulsa
3. Jualan mainan action figure atau lainnya
4. Bisnis online, reseller, reseller dropship (baca juga: Suka Duka Menjadi Reseller Dropshipper)
5. Jualan baju
6. Jasa ketik
7. Jasa tulis artikel
Dan lain-lain

Contoh kerjaan diatas, menurut saya minim modal sih dan keuntungannya lumayan. Owh iya mungkin bingung, kenapa saya tulis jualan mainan action figure? Itu karena, mainan jenis ini gak da matinya, karena ini berkaitan dengan hobby. Dan yang namanya hobby, biasanya customernya sudah sangat royal, dan mudah keluarin kocek buat menuhin nafsu hobbynya... hehehe...

Yang pasti buka usaha itu, lihat peluang ya sobat. Jangan asal buka, malah gak da peminat.

Jangan bilang malah tambah bingung mau buka usaha apa. Hahahaa...

Saran saya jadi reseller dropship aja dulu. Cuman modal medsos dan kuota aja, tanpa harus stock barang.

Ok, sekarang kita bahas, apa sih keuntungan buka usaha sendiri itu.

Mari kita simak...

1. Barang yang kamu jual, memang produkmu sendiri
Biasanya kalau kerja diperusahaan dan harus memasarkan barang, yang dijual kan barang punya perusahaan. Nah, kalau buka usaha sendiri, barang yang kamu jual, ya barangmu sendiri. Dan jika sudah begini, pasti kamu punya rasa tanggung jawab yang tinggi dengan usahamu.

2. Keuntungan full punyamu sendiri
Kalau kamu buka usaha sendiri, tentunya semua keuntungan punyamu donk. Dan gak ada lagi sistem dapat duit bulanan. Kamu bisa dapat duitnya harian.

3. Waktu kerja yang flexible
Nah, pastinya bagi yang susah bangun pagi-pagi buat kekantor, pasti senang banget nih. Yup, kalau kamu punya usaha sendiri, ya terserah kamu mau buka jam berapa dan tutup jam berapa. Apalagi berbisnis online, yang tidak mengenal waktu buka dan tutup. Yang bagi pebisnis offline, wajib punya komitmen ya masalah waktu. Walaupun usaha sendiri, tapi kamu harus tetap punya komitmen soal waktu, agar usahamu tetap berjalan lancar jaya makmur sentosa.

4. Kemampuan bisnismu teruji
Buka usaha sendiri itu, kamu pastinya akan merintis dari nol. Nah, kamu akan belajar disana gimana kembangin bisnismu. Jika sudah dapat gaya bisnismu, waaah bukan tidak mungkin usahamu makin maju. Kebayangkan jika nantinya usahamu jadi tambah besar. Keep your dreams and make it come true!

5. Tidak ada yang ngatur-ngatur
Bagi seorang karyawan, diomelin bos, dimarahin bos, diatur-atur bos pasti pernah kan?..
Nah, kalau punya usaha sendiri, gak ada lagi yang bikin kamu pusing tiap hari. Palingan pusing mikirin jualan supaya meningkat aja, dan itu memang kewajiban. Hehe..

Itu tadi masalah keuntungannya, sekarang saya bahas antisipasinya agar usaha kita dapat terus berkembang. 

Diartikel ini tidak ada kerugian yang saya bahas, karena yang namanya cari duit, gak ada yang rugi. Kalau cari duit itu rugi, gak ada yang makan nantinya. Hahaha...

Next, antisipasinya...

1. Jaga keuanganmu agar tidak bocor.
Kadang karena melihat duit banyak, hasil penjualan atau keuntungan, kita jadi khilaf. Ambil sedikit, terus bilang dalam hati "sedikit aj, nanti diganti".

Say no to that words!
Bahaya, bakal ketagihan lho sobat. Awal-awalnya ambil sedikit, lama-lama udah tambah banyak aja yang diambil, dan akhirnya merugi. Keuntungan habis, modal pun terkikis.

2. Jual barang yang laku
Jualah barang yang laku, jangan hanya karena kamu passion di suatu produk tertentu, merasa yakin untuk jual produk itu, tapi ternyata dipasaran produk itu sepi peminat. So, hati-hati ya.

3. Jangan merasa nyaman dengan kondisi usaha sekarang
Jangan selalu cepat merasa nyaman ya sobat dengan kondisi usaha sekarang. Selalu bergerak cepat untuk berinovasi, karena yang jualan bukan kamu seorang. Pesaing kita itu banyak. Kalau kita bisa membedakan diri kita dari yang lain, maka akan menjadi nilai plus bagi kita.

4. Lakukan promosi, jangan pelit
Promosi itu penting banget lho sobat. Gak ada promosi, maka gak ada yang kenal. Promosi gratisan bisa lewat sosmed seperti facebook, twitter, blog, website dan lain-lain.

5. Jangan malas dan cepat bosan
Ya, ini saran yang umum sih. Jangan malas ya sobat untuk menjalankan usaha mu. Gak ada jalan pintas dan instan (mie instan aj perlu dimasak dulu) untuk menuju kesuksesan. Dan satu lagi, jangan bosan dengan usaha mu, sukai semua usaha yang kamu jalanin ya, pasti terasa enjoy dan tiba-tiba udah sukses aja.

6. Pelajari kesalahan yang pernah dilakukan dan jangan diulangi
"Jangan jatuh dilubang yang sama". Sering denger kata-kata itu kan?
Pelajari semua kesalahan-kesalahan yang ada. Antisipasi semuanya agar kesalahan yang sama tidak terjadi lagi, demi kesuksesan bisnis kita.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dibahas, tapi yang saya bahas disini, hanya hal-hal umum saja, yang pasti kita hadapi dan alami.

Bekerja Sebagai Karyawan

sumberfoto:cermati.com
Sekarang kita bahas keuntungan bekerja jadi karyawan ya sobat.
Mari kita simak..

1. Dapat penghasilan bulanan
Dapat penghasilan bulanan, itu sangat pasti kalau kita kerja. Jadi gak perlu pusing-pusing lagi cari duit, tiap bulan terjamin kok kehidupanmu dari duit gajih kita.

2. Dapat banyak teman
Ya, teman itu penting lho sobat. Kalau kita kerja disuatu perusahaan, pasti kita akan mendapatkan teman yang baru. Dan teman-teman ini sangat bermanfaat untuk ada yang punya usaha sampingan. Tawarin aj produkmu kemereka. Hehehe.

3. Jaminan kesehatan dan hari tuamu terjamin
Kerja ditempat yang punya fasilitas kesehatan dan hari tua, pastinya jadi idaman. Sudah banyak kok perusahaan yang menerapkan fasilitas ini. Dan semuanya dibayarkan dari gajih kotor bulananmu. Jadi, bisa dikatakan kehidupanmu udah terfasilitasi dengan baik deh pokoknya.

4. Jika pekerjaan itu passionmu, pasti karirmu menanjak
Yup, jika kamu passion dengan pekerjaan yang sekarang, karirmu pasti menanja naik. Jabatan yang tinggi pun akan mudah diraih. Jadi sekali lagi, sukai pekerjaanmu ya...

5. Belajar hal baru
Ini kerja apa sekolah? Hahaha...
Maksud saya disini adalah kamu akan bisa mempelajari seluk beluk tempat kamu bekerja. Dan siapa tahu kamu bisa buka usaha sendiri yang serupa berbekal dari pengalamanmu sewaktu kerja. Nilai plus banget kan???hehe...

Nah, itu tadi keuntungan dari bekerja diperusahaan atau usaha tertentu.

Selanjutnya kita bahas antisipasinya ya..

Mari kita simak...

1. Uang penghasilanmu habis dalam sekejap
Ini hal yang sering banget terjadi. Kadang gajih bulanan hanya datang dan "say Haii" dan selanjutnya lenyap. Ini sangat mungkin terjadi dan sering terjadi. Jadi pinter-pinter ya mengatur uang gajihmu, agar bisa ditabung, selain cuman buat pengeluaran.

Caranya, bayar semua kewajiban atau hutang-hutang bulanan kamu. Dan sisanya, ditabung. Kecilpun gak ada masalah. Karena kamu itu gak cuman hidup dihari ini aj lho sobat.

2. Bekerja hanya untuk perusahaan
Kita dituntut untuk bekerja semaksimal mungkin demi majunya perusahaan. Kaya sapi diperas susunya. 

Eitsss... tunggu dulu!

Bikin mindset kita, bahwa kita bekerja demi diri kita sendiri. Yang paling penting adalah karir dan jabatan, serta harga jualmu jika pindah keperusahaan lainnya.

Jika kita bekerja dengan baik, maka harga jual yang tinggi pasti sudah ada didiri kita.

3. Tidak ada penghasilan lain
Jika kamu hanya mengandalkan gajih saja, menurut saya tidah cukup. Mulailah dengan sedikit demi sedikit membangun usaha sendiri, sambil juga bekerja. Karena jika kamu nantinya sudah tidak bekerja lagi, maka kamu akan pusing cari penghasilan dari mana. Mulai sekarang jadilah karyawan yang cerdas ya sobat. Jangan mengandalkan hanya satu income saja.

4. Gunakan uang penghasilan bulananmu dengan bijak
Belanjakan uang bulananmu hanya untuk barang- barang yang diperlukan. Tapi bukan berarti juga tidak boleh membelanjakan barang yang bersifag untuk memenuhi keinginan kamu. Hanya saja atur dengan bijak ya.

5. Kadang tidak dihargai oleh perusahaan tempat bekerja
Jangan pernah galau ya untuk hal ini. Cukup fokus pada diri anda sendiri, bekerja dengan sebaik mungkin. Jika perusahaan yang sekarang tidak dapat menghargaimu, maka mungkin perusahaan lain yang dapat menghargai usahamu. Tidak ada usaha yang mendustai hasil brooo. So, keep your spirit on fire,!!

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang dapat dibahas dari bahasan pilih kerja sebagai karyawan atau buka usaha sendiri ini. Yang pasti saya tidak dapat menentukan mana yang lebih baik, semua tergantung pada pemikiran teman-teman sendiri.

sumberfoto:GraduateFog.co.uk
Mungkin jika ada teman-teman yang ingin menambahkan, silahkan ya berdiskusi lewat kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat.