[recent]

Saturday, 3 June 2017

6 CARA PENTING MENGATASI DEPRESI ATAU STRESS BERLEBIHAN


Sumber Foto: Cewekbanget.id
Di jaman sekarang orang-orang yang mengalami depresi sudah sangat banyak. Bahkan akibat dari depresi, banyak orang yang melakukan jalan pintas untuk memutus rasa depresinya dengan cara bunuh diri. Sungguh terasa sangat tidak berarti kehidupan kita, serta sungguh tidak bijak jika kita memakai cara-cara yang tidak wajar dalam menghilangkan rasa depresi.

Depresi sering dialami setiap orang, baik itu depresi dalam katergori ringan maupun berat. Depresi diakibatkan stress yang menekan, sehingga kita sangat sulit untuk berpikir jernih. Dikarenakan disaat kita mengalami stress yang menekan, semua emosi yang menggumpal dalam diri kita memiliki energi yang sangat besar, yang membuat diri kita tidak mampu untuk mengontrolnya.

Penyebab depresi sangatlah banyak, seperti masalah ekonomi, keluarga, teman, sahabat, pasangan hidup, pekerjaan, penyakit, dan lain sebagainya. Dan akibat dari depresi yang berlebihan adalah akan membuat diri kita menjadi tidak bahagia dan dapat memunculkan penyakit-penyakit baru pada tubuh kita.

Untuk itu, di artikel kali ini, saya ingin sedikit memberikan cara bagaimana mengatasi depresi yang berlebihan, pada diri kita dengan cara yang sehat. Mari kita simak sama- sama.

1. Rekreasi
sumber foto : beritapariwisata.com
Rekreasi merupakan salah satu cara yang dapat menghibur anda ketika anda sedang depresi. Pergilah dari seluruh aktivitas kejenuhan keseharian anda yang membuat anda menjadi depresi. Anda bisa pergi kemana saja, seperti, pantai, gunung, air terjun. Umumnya alam semesta mempunyai energi positif yang sangat banyak, maka pergilah dekatkan lah diri anda dengan alam, dan hiruplah seluruh energi positifnya, niscaya depresi anda dapat terobati.

2. Melaksanakan Hobi
sumber foto: loop.co.id
Setiap orang pasti mempunyai hobi. Laksanakan hobi anda ketika anda sedang depresi atau stress. Lakukan hobi yang mmebuat perasaan anda senang, seperti memancing, berenang, bermain game, atau apapun yang membuat perasaan anda senang.

3. Olahraga Lari atau Berjalan
sumber foto: okezone.com
Olahraga lari atau berjalan merupakan salah satu obat yang dapat membantu anda dalam mengatasi rasa stress dan depresi anda. Karena disaat anda berolahraga, anda akan melihat keluar, situasi luar yang lebih luas ditempat anda olahraga, akan membuat pikiran anda tidak terasa penat atau sempit lagi akibat depresi. Selain itu, secara tidak langsung, anda juga mengeluarkan seluruh energi negatif anda kebumi, ketika anda melakukan olahraga lari ataupun jalan. 

4. Curhat pada orang terdekat dan anda percayai
sumber foto: expontt.com
Membagi semua rasa yang ada dikepada dan hati anda, akan membuat anda lega. Orang-orang yang care terhadap anda, dan mau mendengarkan curhatan anda, seakan-akan anda membuang segala emosi anda ketempat sampah daur ulang, yang dimana semua emosi anda akan didaur ulang oleh energi teman anda, menjadi feedback postif bagi anda. Jika anda mempunyai teman atau orang terdekat seperti ini, maka curhatlah kepada mereka.

5. Berdoa
sumber foto: tribunnews.com
Banyak cara berdoa didunia ini, tapi hanya ada satu doa ketika anda dalam keadaa depresi, yaitu syukur dan terimakasih kepada Tuhan. Kenapa hanya terimakasih dan bersyukur saja? Karena jika anda ceritakan semuanya kepada Tuhan, maka tiada habisnya, dan tiada akhirnya, emosi anda juga akan semakin meluap. Cukup pasrahkan kepada Tuhan dengan rasa syukur dan terimakasih. Tuhan akan selalu tahu, kondisi anda tanpa ada ceritakan. . Tuhan akan memberikan anda jalan keluar kepada anda yang senang bersyukur dan berterimakasih pada-Nya. Karena Tuhan selalu menghargai kebaikan anda sekalipun itu sangat kecil bagi anda, tapi sangat bermakna bagi Tuhan, untuk menjadikan kebaikan anda sebagai penolong anda keluar dari rasa depresi.

6. Meditasi
sumber foto: bonisena.blo.ugm
Meditasi merupakan cara terbaik untuk menenangkan pikiran. Meditasi disini adalah bukan meditasi untuk mendapatkan kekuatan apapun, tapi untuk membuat anda lepas dari rasa depresi tersebut secara permanen dan hilang. Caranya adalah selesai berdoa, tutuplah mata anda. Tenang sebentar pikiran anda, dengan mengambil nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, hingga anda merasa rileks. Jika telah rileks, ulangi kata-kata ini terima, mengalir, senyum. Pada saat anda menyebutkan kata "terima" bayangkan diri anda itu adalah bening transparan, bahkan anginpun dapat menembusnya. Lalu bayangkan masalah anda didepan anda sangat besar, sebesar-besarnya. Lalu anda semua masalah anda terima ke badan anda tadi tanpa perlawanan dengan "ikhlas", "terima", damaikan diri anda, bersahabatlah dengannya. Biarkan dia datang kepada anda, anda terima dengan ikhlas, dengan mengalir apaadanya, dan terakhir, senyumlah :).
Ini merupakan teknik yang diajarkan oleh Guru Gede Prama mengenai meditasi "terima, mengalir, senyum". Sangat efektif sekali untuk menghilangkan  rasa depresi dalam diri kita. :)

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan semua rasa depresi pada diri kita. Jangan melawan semua masalah yang mendatangi diri kita, namun bersahabatlah, dan senyumilah dengan masalah-masalah kita. Karena sebab kita depresi adalah karena kita selalu mencoba melawan masalah kita dengan pikiran. Namun, apabila anda dapat bersahabat dengannya dengan menerima dan keihklasan, niscaya mereka dapat hilang dengan sendirinya. Berbahagialah teman, karena anda layak bahagia, buka bersedih. Bahagia itu gratis, semua ada tergantung pikiran kita.