[recent]

Saturday, 3 June 2017

CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT BAGI PEMULA

Blog merupakan tempat kita menuangkan ide-ide kita kedalam sebuah tulisan, yang dapat bermanfaat baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Tulisan-tulisan yang kita berikan pada sebuah blog, umumnya dapat memberikan informasi yang bersifat informatif kepada setiap orang yang membaca blog kita. Anda yang mencari cara membuat blog, pasti sedang bersemangat ingin menulis dan membuat website pribadi, untuk menuangkan ide-ide anda yang briliant itu kan?

Jika itu benar, maka anda telah berada pada artikel yang benar, yang siap memandu anda cara membuat blog di blogspot dengan mudah.

Membuat blog itu sangat mudah, dan gampang. Apalagi menggunakan jasa dari blogspot.co.id yang memang didukung oleh pihak google sendiri. Daripada panjang lebar, mari kita lihat step by step proses pembuatan blog ya sobat.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan anda membuat email di www.gmail.com, ikuti saja panduannya ya. Dalam hal ini saya menganggap anda sudah bisa membuat sebuah email.

2. Masuk ke www.blogger.com, lalu pilih option "create your blog"

3. Masukan email yang telah anda buat untuk didaftarkan pada blogger. Dan ikuti saja langkahnya.


4. Anda akan dihadapkan langsung pada tampilang berikut ini. yaitu membuat Blog. Masuka saja judul blog yang anda inginkan dan alamat blog anda ya. Judul blog merupakan judul rumah Blog untuk postingan-postingan anda nantinya. Dan selanjutnya, silahkan pilih template yang disediakan oleh pihak blogspot, yang menurut anda cocok untuk anda pakai.


5. Berikut tampilan dari blog anda yang telah siap diberikan postingan-postingan baru, dari ide-ide anda yang briliant. Silahkan klik pada "Entri Baru".

6. Selanjutnya adalah pembuatan postingan pada blog. Ketika anda klik pada Entri Baru, maka tampilannya akan seperti ini.


Disini terdapat beberapa bagian, seperti:
  1. Judul Entry : Masukan judul entry yang tepat untuk mengundang para pengunjung
  2. Body Entry : Tempat untuk menulis isi postingan anda.
  3. Label : Label berguna untuk memberikan "tag" yang berhubungan dengan postingan anda. Contoh, jika anda membahas tentang Jualan Mobil, maka label dapat berupa, jual mobil murah, jual mobil, dll
  4. Tautan Permanen : Bertujuan untuk membuat url anda mengenai postingan anda nantinya. Jika anda menggunakan option tautan permanen, usahakan jangan sampai salah, karena tidak dapat diedit apabila ada kesalahan.
  5. Deskripsi penelusuran : Option ini berada tepat dibawah option Lokasi, hanya saja akan aktif, jika anda mengaktifkan  "Deskripsi Tag Meta" (Baca artikel ini sampai habis). Deskripsi ini sangat diperlukan untuk mendeskripsikan tentang postingan anda dan mendukung SEO postingan anda.
  6. Publikasikan/Publish : untuk mempublish postingan anda.

7. Sekarang sebelum membuat postingan anda, mari kita membuat settingan pada blog kita. Kali ini kita membuat setingan Deskripsi blog pada Setelan  --> "Dasar" --> Deskripsi. Disini anda dapat memasukan deskripsi tentang blog anda secara singkat dan sesuai.



8. Selanjutnya masuk ketahap pengisian deskripsi blog melalui "Tag Meta". Penulisan deksripsi disini akan mempengaruhi SEO (Search Engine Optimation) dalam pencarian google nantinya. Semakin tepat pembuatan deskripsi,  dapat membantu blog kita terdaftar dihalaman pertama pencariaan google. Namun, banyak pihak, utamanya blogger-blogger yang telah TOP menyatakan bahwa, Tag Meta bukan satu-satunya yang mempengaruhi SEO, masih banyak lagi hal yang dapat lebih mendukung SEO untuk blog kita.


Demikianlah langkah-langkah dari cara membuat blog di blogspot yang dapat anda terapkan. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mendalami hobi untuk membuat blog di blogspot.

Jika ada yang belum mengerti silahkan ditanyakan dikolom komentar.

Baca juga :