[recent]

Thursday, 22 June 2017

ATUR CARA BERHEMAT ANDA MULAI DARI SEKARANG, JIKA TIDAK INGIN SURAM DI MASA DEPAN

sumberfoto;maxmanroe.com
Banyak orang yang mungkin sangat sulit mengatur keuangannya. Padahal mengatur keuangan yang benar, adalah salah satu cara terbaik untuk membangun gunung kesuksesan dimasa depan anda. Kesalahan dalam mengatur keuangan anda, maka akan fatal juga akibatnya bagi kehidupan anda dimasa depan nantinya.

Jika anda saat ini menjalani bisnis atau karir, atau apapun itu untuk menunjang kehidupan anda dimasa depan, maka anda harus benar-benar pintar mengatur keuangan anda. Kenapa? Karena jika anda hanya terlena dengan kehidupan anda disaat ini, terlena dengan pendapatan anda disaat ini dan disaat ini juga anda menghabiskan pendapatan anda tersebut, maka bukan tidak mungkin, semua planning dimasa depan anda akan runtuh juga.

Mengatur keuangan dengan cara berhemat, bukan berarti anda itu adalah orang yang pelit. Itu benar-benar bukan! Jika anda dianggap pelit oleh teman-teman anda hanya karena anda ingin mewujudkan keinginan anda dimasa depan, maka anda hanya cukup bilang "bukan lu yang biayain hidup guee!". Hanya saja saya ingin ingatkan, hemat dalam hal ini bukan berarti tidak sehat. Sampai-sampai saking hematnya, anda tidak ingin berbagi kepada yang berbutuhkan, itu juga tidak baik. Anda memberikan sedekah kepada orang lain, itu merupakan kewajiban kita sebagai umat Tuhan untuk selalu saling berbagi.

Lalu bagaimana sih cara mengatur uang dengan hemat dan tentu saja tidak terkesan pelit itu? Mari kita simak baik-baik ya sobat.

1. Rencanakan Keuangan anda selama 1 Bulan kedepan
sumberfoto:calculodehipoteca.net
Ya, rencanakan seluruh pengeluaran anda selama 1 bulan kedepan. Biasakan hitung seluruh kewajiban yang harus dikeluarkan dibulan itu terlebih dahulu, baru sisanya ditabungkan. Mulai dari, bayar hutang, uang makan, bensin, untuk keluarga, bayar tagihan listrik dan air, serta tabungan anda bulan itu. Untuk seberapa besar sih harus menabung dari total penghasilan anda? Anda bisa sesuaikan dengan sisa uang dari semua kewajiban bulanan anda tadi. Minimal 20% dari total penghasilan anda atau bahkan lebih. Karena menabung berlebihan maka akan lebih baik dibandingkan berlebihan pengeluaran.

2. Jangan terlalu nyaman memakai kartu kredit
sumberfoto:MoneySmartGuides.com
Jika anda terlalu banyak kewajiban yang harus dipenuhi setiap bulannya, saya sarankan jangan menambah beban anda dengan tagihan-tagihan lainnya, contoh kartu kredit. Kartu kredit terkesan sangat menggoda, apalagi anda hanya perlu membayar minimum payment saja. Namun, jika anda memiliki kewajiban yang semakin ketat untuk dipenuhi, itu akan menjadi boomerang bagi anda sendiri. Bisa-bisa kartu kredit menjadi masalah baru nantinya. Dimana bayar hutang, pakai hutang. 

Jika ini terjadi, cepat-cepatlah atur kembali keuangan anda. Caranya, anda hubungi bank penyedia layanan kartu kredit anda, dan mintalah untuk direstruktur menjadi cicilan bulanan. Buatlah cicilan yang membuat anda longgar setiap bulannya. Dan mulai berhentilah memakai kartu kredit sementara, hingga hutang-hutang anda lunas. Dan ketika semua telah lunas, mulailah dengan pengaturan keuangan yang baru.

3. Jangan pakai kartu debit, gunakan cash untuk berbelanja bulanan atau harian
sumberfoto:Anand Nimesh.com
Memang tidak ada salahnya jika anda memakai kartu debit, sebagai pilihan transaksi yang mudah dan cepat ketika berbelanja. Tapi apa jadinya jika anda selalu merasa ada kartu debit dengan uang tabungan yang terasa masih banyak, sehingga belanja pun sampai tidak ingat limit yang telah direncanakan. 

Ada baiknya, bagi anda yang sedang dalam proses pengaturan keuangan, gunakan saja uang cash sebagai media transaksi anda. Rencanakan diawal, anda ingin belanja dengan jumlah tertentu yang menurut anda, sudah sesuai dengan perencanaan pengeluaran anda di bulan itu. Hal ini akan membuat anda, untuk belanja barang-barang yang perlu saja dan memang anda pakai dibulan itu. Selain itu, uang yang telah anda rencakan untuk ditabungkan, tidak akan anda terganggu dan pastinya akan membuat anda semakin semangat menabung setiap bulannya, dengan melihat uang yang semakin bertambah setiap bulannya.

4. Belanja yang perlu dan butuh saja, bukan karena ingin
sumberfoto:livechatinc.com
Mengertilah dengan baik akan hal ini. Belanja lah yang anda perlukan dan butuh saja, bukan karena ingin. Belanja barang-barang yang anda butuhkan dan perlukan, pastinya sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan anda saat itu atau mungkin untuk kedepannya, dibandingkan jika anda membeli barang karena ingin. Membeli barang yang bersifat perlu dan butuh saja, biasanya tidak akan sebanyak barang-barang yang bersifat keinginan kita. 

Anda bisa bayangkan, jika anda ingin HP baru, ingin baju baru yang mahal, ingin mobil baru, dan keinginan lainnya. Bisa-bisa saat itu juga uang tabungan anda habis. Atau bisa dibilang, tidak ada lagi yang namanya menabung. Semua penghasilan sama dengan pengeluaran anda. Semakin besar penghasilan akan semakin besar pengeluaran anda. Jika anda mengalami hal yang demikian, cepat-cepatlah rubah mindset anda, untuk masa depan yang lebih baik.

Satu lagi nih sobat, jangan terlalu terlena dengan yang namanya diskon ya. Harga setelah diskon itu adalah harga normal barang sebenarnya. Jadi jika ada diskon yang billang sampai 80%, kebayang donk mikirnya, murah banged tuh barang. Padahal itu adalah teknik bisnis, dimana harga normal di Up setinggi-tingginya dan di potong serendah-rendahnya mencapai harga normal. Be Smart!

5. Jangan gengsi
sumberfoto:ayolahgreetakudong.blogspot.com
Percaya atau tidak, gengsi dapat membuat banyak orang menjadi gila. Mengikuti semua trend yang ada dimasa sekarang, agar didepan teman-teman anda, anda terlihat tidak ketinggalan jaman. Mulai sekarang, ada baiknya anda tinggalkan mindset seperti itu. Gengsi itu tidak bisa membawa anda pada kesuksesan, itu hanya sebuah bayangan semu yang membawa anda pada kemunduran jika anda turuti terus menerus.

6. Berani katakan cukup
sumberfoto: Project Smart.co.uk
Ketika anda masih belum bisa untuk mengatakan cukup pada diri anda sendiri, maka kemungkinan anda mau beli ini, beli itu, akan menghancurkan rencana anda untuk berhemat. Cepat-cepatlah berkata cukup dan cepatlah merasa puas dengan rasa bersyukur yang tinggi. Karena disaat ini, anda masih lebih baik dibandingkan dengan saudara-saudara kita yang serba kekurangan.

7. Atur pengeluaran untuk hobi yang mahal
sumberfoto:Pinterest.com
Punya hobi yang mahal? Contoh, seperti hobby koleksi action figure gundam. Harga yang ditawarkan untuk barang ini cukup mahal untuk sebuah mainan plastik. Jika anda seorang yang sangat maniak dengan hobbi seperti ini. Jangan membeli mainan tersebut setiap bulan anda gajihan. Beli lah pertiga bulan atau perdua bulan. Atau bila terlalu mahal beli per enam bulan. Kelamaan? Benar banget sih lama, tapi ketika anda sudah membelinya, anda dapat menikmati hobby anda dengan nikmat. Anda akan sangat menghargai barang yang anda telah beli sebagai hobby anda tersebut. Ini juga dapat membantu anda, agar tidak membuang uang terlalu banyak setiap bulannya untuk hal yang kurang diperlukan disaat ini. Jika anda punya hobby yang lain, maka sesuaikanlah ya sobat.

8. Bepikirlah bahwa masa depan anda yang terbaik
sumberfoto:BrighterLife.co.id
Mungkin ini adalah tips terakhir dari saya. Selalulah buat mindset bahwa, anda masa depan anda adalah yang terbaik yang harus anda capai. Jika sampai gagal, anda akan menyesal dihari tua nanti. Persiapkanlah dengan baik dari sekarang. Kesuksesan anda dimasa tua ditentukan dimasa muda, atau dimasa saat ini anda membaca artikel ini, dengan duduk manis memegang Hp/laptop ditemani dengan secangkir teh atau kopi.

Teruslah bermimpi kemasa depan ya sobat, namun hiduplah terus dimasa sekarang. Karena semua usaha, pengorbanan dan perjuangan ada dimasa sekarang ini. 

Apakah masih susah mengatur keuangan anda?

Jawabannya "Tidak"

Karena bagi anda yang memang mempunyai niatan menabung demi tercapainya impian, tips-tips diatas tidaklah susah kok. Anda hanya perlu sedikit mawas diri, dan mengaturnya mulai dari sekarang. Jadi, jangan nanti-nanti lagi ya sobat. Seperti seseorang yang ditanya, "kapan diet?", Jawabnya selalu "Besok deh aku mulai".

Besok aja teruuussssss.. Tapi gak pernah melangkah. Jadi sobat jangan gitu juga ya, mulai lah dari sekarang.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika sobat suka dengan artikel yang saya buat ini, silahkan like and share ya, dan jangan lupa komennya. :)

Salam sukses!!!