[recent]

Friday, 16 June 2017

10 HAL PENGHALANG KESUKSESAN ANDA DALAM BERBISNIS MAUPUN BEKERJA

sumberfoto: terapiotak.com
Banyak dari kita yang hidup memimpikan hidup yang sukses, makmur dan sejahtera. Dengan kehidupan yang lengkap seperti itu, maka kehidupan terasa sangat indah, karena pastinya kita akan serba berkecukupan dan mungkin apapun yang kita inginkan dapat terwujud dengan mudah. 

Untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut, kita memerlukan usaha yang sangat besar dan sangat serius untuk dapat menggapi apa yang kita impikan. Disetiap usaha kita lakukan, semuanya pasti memiliki jalan yang berliku-liku yang menjadi penghalang bagi kita untuk sukses. Tidak ada usaha yang diprosesi dengan jalan yang mulus. Bahkan, salah satu orang terkaya didunia seperti Jack Ma, Founder of Alibaba pun, memiliki masa-masa kelam dalam menjajaki kehidupan untuk meraih kesuksesannya seperti sekarang ini.

Sangat banyak sekali penghalang kesuksesan dalam hidup kita. Namun jika kita dapat mengatasi penghalang-penghalang yang layaknya tembok tersebut, maka cahaya kesuksesan itu akan nampak dengan indah didepan mata kita.

Berikut 10 Hal Penghalang Kesuksesan Anda Dalam Berbisnis Maupun Bekerja dan harus anda lewati, agar kesuksesan itu dapat anda capai sesuai dengan keinginan anda.

1. Takut Memulai Suatu Bisnis atau Pekerjaan
sumberfoto:distributorkebab.com
Ketika seseorang berhadapan untuk memulai suatu bisnis, kadang ketakutan untuk memulai sering menghantui kita. Mulai dari modal yang minim atau tidak tahu harus mulai darimana. Jika masalah anda adalah modal yang minim, maka sesuaikan budget anda dengan usaha yang anda mulai. Jangan berpikiran, diawal dengan minim modal ingin buka usaha sparepart mobil/motor, anda akan benar-benar hancur nantinya. Bagi anda dengan modal minim, bisa memulai dengan berjualan nasi goreng, jualan pulsa, jualan BBM eceran, jualan mainan. Dan bagi anda yang suka menulis, anda dapat mendapatkan keuntungan dari membuat blog (baca juga: KEUNTUNGAN MEMBUAT BLOG BAGI KAMU YANG SENANG MEMBACA MAUPUN MENULIS) dan bagi yang suka berjualan online, anda dapat memulai menjadi reseller dropshipper.

Jangan pernah bilang, jika anda tidak punya modal sama sekali. Itu salah besar. Modal utama adalah diri anda sendiri. Jika anda benar-benar tidak punya uang, maka carilah uang itu. Dengan cara bekerja, apapun, yang penting halal. Sisihkan sedikit demi sedikit uang anda untuk modal anda nantinya. Jadi, tidak ada alasan jika anda tidak mmepunyai kemampuan untuk berbisnis sebenanrya, anda hanya perlu bangkit dari zona nyaman dan ketakutan anda.

2. Malu Dalam Berbisnis
sumberfoto:ngakmandi.blogspot.co.id




















Ini mungkin adalah faktor penghambat semua orang yang ingin memulai bisnis. Apapun itu bisnisnya, kadang rasa malu menghambat. Apalagi, jika bisnis anda adalah sifatnya berjualan dan memarketingkan suatu produk yang anda miliki. Selain itu, mungkin gengsi kita yang tinggi, menjadi merasa enggan untuk berjualan. Padahal, perusahaan sebesar KFC pun dulunya adalah seorang yang menjual ayam tepungnya secara door to door, dan sekarang anda bisa lihat, dimana-mana terdapat franchise dari KFC. Ini dikarenakan, segala bisnis apapun, kita sebenarnya adalah seorang yang harus berjualan. Karena dari berjualan tersebut kita mendapatkan uang untuk menghidupi diri kita dan kemajuan dari usaha kita. Ingat ya, kita makan dari penghasilan yang kita dapatkan, bukan dari gengsi kita, jadi jangan malu lagi untuk berjualan.

Bagi anda, seorang yang berprofesi sebagai marketing, anda jangan pernah merasa minder. Karena dimana-mana profesi marketing merupakan profesi yang menjanjikan karir yang sangat bagus serta bonus yang tinggi. Hanya saja, rasa malu adalah penghalang besar bagi seorang marketing. Untuk itu anda harus menerjang tembok-tembok rasa malu tersebut, agar anda bisa semakin maju dan sukses dalam karir anda, tentunya dengan bonus berlimpah juga. Ingat ya, kita makan dari penghasilan kita, bukan "rasa malu" kita. Rasa malu hanya ilusi yang menghambat anda untuk sukses dan berakhir pada kegagalan.

3.  Terlalu banyak mikir dan terlalu banyak rencana
sumberfoto:was-was.com
Mungkin hal ini sering anda alami. Saya pun demikian. Saya ingin memulai suatu usaha, selalu saya pikirkan matang-matang dan teman saya sampai bilang, "kapan mau dilakuinnya???". Terlalu banyak planning juga tidak begitu bagus sobat. Karena kita hanya terus berencana tapi tidak tahu, kapan mamu memulainya. Jika sudah begini, anda harus berani mengambil tindakan, yakinkan diri anda bahwa anda "PASTI BISA!". Ingat! semua orang mengalaminya, tapi hanya satu yang berhasil, yaitu "ORANG YANG BERANI MEMULAI DAN BERTINDAK SAAT ITU JUGA!". Saya harap, sobat dapat menanamkan hal ini dalam diri sobat, saat ini juga.

4. Hanya menghayal tanpa bertindak
sumberfoto:archivelago.blogspot.com













Kebanyakan dari kita suka berkhayal donk sebelum melakukan suatu bisnis. Kita ingin bisnis kita berjalan seperti ini, seperti itu. Tapi kalau hanya kebanyakan menghayal tanpa melangkah sekalipun, anda hanya akan diam ditempat, tidak bergerak. Hanya pikiran anda saja yang bergerak bersamaan dengan khayalan-khayalan anda itu. Yuk, mulai sekarang, saatnya anda bergerak, jangan tunda lagi! Wujudkan mimpi jadi pengusaha sukses!!.

5. Suka membandingkan diri sendiri dengan kesuksesan orang lain
sumberfoto:hotcourses.co.id
Jika anda sering sekali melakukan hal ini, maka jauhilah mulai dari sekarang. Jika anda selalu membandingkan anda miskin, orang itu kaya, atau saya tidak sukses, orang itu mudah sekali suksesnya. Sekali lagi, saya sarankan untuk menjauhi pemikiran-pemikiran tersebut. Anda dan semua orang didunia ini terlahir secara spesial. Anda memiliki kemampuan anda masing-masing dan itu sangat luar biasa. Jangan pernah melihat kesuksesan yang dicapai orang lain, fokus saja pada proses untuk menuju kesuksesan anda. Jadikan kesuksesan orang lain, sebagai target yang anda miliki untuk anda lampaui. 

Anda tidak pernah tahu, seberapa besar perjuangan orang lain yang anda lihat sukses tersebut. Anda hanya melihat suksesnya saja tidak melihat proses yang dia lalui. Jadi, sekali lagi saya tekankan, "FOKUS PADA PROSES YANG ANDA MILIKI UNTUK MENUJU KESUKSESAN!"

6. Suka meniru orang lain
sumberfoto:www.azquotes.com












Anda suka meniru orang lain? Orang lain sukses dalam hal ini, anda ikutan untuk memulai bisnis yang sama dengan orang tersebut. Jika anda sering melakukan hal ini, saya sarankan untuk introspeksi diri lagi. Anda harus lihat, dia sukses di bidang tersebut karena apa. Jika anda tidak memiliki alasan yang tepat, serta talenta yang sama seperti orang tersebut, maka jangan pernah meniru bisnis orang lain. Sangat Bahaya!! Anda dapat terjatuh lebih cepat dari yang anda duga, karena anda tidak mempunyai ilmu atau talenta yang sama seperti orang yang anda tiru bisnisnya. Yang paling benar adalah, pelajari cara dia bisa sukses, pelajari kesalahan-kesalahannya, maka anda dapat membuat bisnis anda sendiri dengan cara anda sendiri, tanpa harus meniru bisnis mereka yang telah ekspert dibidangnya. Sekali lagi, saya tekankan setiap orang adalah terlahir secara spesial, dan ANDA ADALAH SALAH SATUNYA!.

7. Terlalu banyak mengeluh dan menyalahkan orang lain
sumberfoto:www.quotemaster.org


















Suka mengeluh dan menyalahkan orang lain, merupakan penyakit semua para pebisnis pemula. Mungkin anda sering ngedumel seperti ini "ah, sudah susah payah, tapi gak laku juga", atau "gara-gara dia, barangku gak laku", dan lain sebagainya. Heeeyy!!! Ingat Proses!! Tidak ada orang yang sukses dalam semalam. Cukup jalani prosesnya dan nikmati, bahagia dalam semua proses yang ada. Jadikan bisnis anda sebagai hobi anda yang benar-benar anda sukai, maka anda akan benar-benar enjoy menikmati prosesnya dan tanpa terasa, anda akan tiba-tiba sampai dipuncak kesuksesan anda.

8. Merasa sudah melakukan yang terbaik
sumberfoto: www.psikologindonesia.com

















Setiap orang yang telah berusaha namun kesuksesan yang ditunggu-tunggu tidak juga diraih, sering mengalami stress seperti ini. Sudah susah payah, dan sebagus mungkin berusaha, tapi kesuksesan masih jauh, masih belum juga datang. Jika anda mengalami hal ini, saran saya adalah, jangan pernah berpaling dari usaha yang lain". Pelajarilah apa yang salah dari usaha anda tersebut. Pelajari apa yang membuat anda masih jauh dari kesuksesan anda. Kadang, hanya karena keegoisan kita, sebenarnya kita itu tidak pernah berlari, hanya berjalan saja, dan merasa sudah cukup, padahal anda sendiri yang membuat usaha anda yang tidak maju-maju, atau lambat maju. Jadi, pahami dulu ya salahnya dimana. Kebanyakan adalah, karena keegoisan kita pengen cepet sukses, padahal sebenarnya kita belum benar-benar maksimal dalam mengelola usaha kita.

9. Tidak mau bangkit ketika jatuh
sumberfoto:www.kikasyafii.com














Bagi pebisnis pemula, yang masih anget-anget tai ayam sering mempunyai sifat ini. Ketika usaha yang dilakoni gagal, udah deh, gak mau lagi untuk dilanjutin. Padahal anda mungkin baru saja memulai bisnis, ya pasti aj hasilnya belum ada. Bagi pemula, saya hanya mau bilang, jika ingin berbisnis yang sukses, anda harus berani rugi dulu. Jika tidak, yaaaa, segitu-gitu aja usaha anda. Dan bagi anda yang telah lama berbisnis tapi tiba-tiba usaha anda mulai menurun, maka jangan langsung down. Pelajari semua yang menjadi kesalahan anda dalam menjalankan suatu usaha, dan pelan-pelan untuk memperbaikinya hingga menjadi seimbang dan menaik tajam kembali.

10. Terlalu banyak keinginan,Temukan Satu saja dan FOKUS
sumberfoto:rofiarif.wordpress.com










Ingin memulai banyak bisnis, pasti anda ingin melakukan banyak hal. Mulai dari ingin bisnis ini, bisnis itu, tanpa mengerti bahwa kebanyakan mengelola bisnis dengan jam terbang sebagai pemula, maka akan berdampak buruk pada kehancuran anda dalam mengelola suatu usaha. Cukup temukan satu saja yang menjadi fokus usaha anda. Apabila anda fokus pada satu jenis usaha aja, maka seluruh waktu, modal dan pemikiran anda hanya untuk usaha itu saja. Anda akan menikmatinya dan tidak terganggu dengan hal-hal lainnya. Jika anda fokus mengembangkan suatu usaha yang anda sukai, maka kesuksesan yang anda impi-impikan akan cepat terwujud sesuai keinginan anda. Tentunya harus penuh semangat dan pantang menyerah, serta ingat 9 hal diatas lainnya, agar usaha anda tidak terhambat diproses perjalanannya.

Itulah beberapa hal yang mungkin dapat menghalangi anda untuk sukses, jika anda tidak mampu memitigasinya. Semoga semua yang saya tuliskan disini dapat bermanfaat bagi anda semua, dalam mengembangkan usaha anda kedepannya. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar, dikolom komentar.

Baca juga: