[recent]

Saturday, 17 June 2017

10 CARA MENAMBAH PENGUNJUNG BLOG BAGI PEMULA

sumberfoto:viva.co.id
Banyak sekali para blogger yang mengharapkan, blognya dikunjungi banyak para pembaca. Apalagi jika pengunjung blog tersebut dapat terus stabil dan bahkan meningkat, pastinya para blogger sangat bersemangat untuk terus menulis berbagai macam artikel setiap harinya.

Tapi sayangnya, masih banyak blog yang sepi akan pengunjung, bahkan satu hari, tidak ada pengunjung sama sekali. Ada yang salah kah?

Hal ini sering dialami oleh para blogger pemula. Mengharapkan setiap hari postingan satu artikel dan otomatis semakin banyak orang yang datang ke blog kita. Setiap hari mengecek keberadaan status jumlah pengunjung, namun tidak kian bertambah.

Bagi para blogger pemula seperti saya, saya hanya bisa katakan, jangan menyerah, akui saja, kita baru pemula, dan harus banyak belajar lagi untuk membuat blog kita agar diminati para pembaca artikel online.

Banyak orang diluar sana, sering membahas tentang SEO friendly. Ini istilah paling banyak yang dicari orang, yang khususnya bergelut dalam dunia blogging.  Dan SEO ini sendiri mempunyai banyak trick and tips lainnya yang dapat mendukung teknik SEO itu sendiri.

Tapi dalam artikel kali ini, saya tidak membahas tentang hal itu terlebih dahulu. Saya hanya akan membahas tentang cara sederhana yang semua orang bisa, untuk menarik minat para pembaca untuk datang ke blog kita.

Mari kita simak ya, jika ada tips lainnya, silahkan para pejuang blogger isikan melalui kolom komentar dibawah, agar kita bisa sharring ilmu.hehehe

1. Membuat artikel yang menarik dan berkualitas
Cara ini terbukti cukup ampuh untuk menarik para pembaca untuk datang ketempat kita. Buatlah suatu artikel dengan isi yang bersifat mengajak para pembaca untuk terus membaca artikel kita sampai habis, karena jika hanya membaca setengah-setengah, akan membuat pembaca jadi penasaran. Artikel yang dibuat, boleh artikel yang panjang, namun tidak membosankan, atau dengan kata lain, mengulang-ngulang kalimat hanya untuk terlihat artikel lebih berisi, padahal kosong melompong.

2. Judul yang menarik
Buatlah judul yang heboh dan bikin para calon pembaca menjadi penasaran. Jangan bikin judul yang biasa-biasa saja. Contoh : 
A. Cara Membuat Kue Yang Enak
B. 5 Cara Ampuh Membuat Kue Anda Tidak Terlupakan Rasanya.

Nah, anda bisa bedakan kan, dari judul diatas. Orang bakal milih B sebagai judul yang bikin orang tertarik, dan bertanya-tanya, apa saja cara ampuh itu, hanya 5 lagi.hehe

3. Template yang ringan
Ingat, template yang terlalu berat pada saat loading ataupun berantakan, akan membuat para pengunjung malas membaca artikel anda. Boro-boro mau baca, kebuka aja nggak blognya. Terus kalau udah kebuka, bikin sakit mata. 

Maka dari itu, saran saya, carilah template pihak ketiga yang berjenis SEO Friendly, atau template bawaan blogger yang anda modif sendiri menjadi SEO friendly. Banyak kok para blogger handal yang memiliki tutorialnya ataupun menyediakan template yang sudah jadi. Dan template ini sudah memiliki setingan khusus untuk mendukung pencarian digoogle serta jauh lebih ringan.

4. Sertakan gambar atau video
Orang-orang lebih senang jika melihat gambar ataupun video. Karena lumrahnya manusia paling senang melihat warna dan tidak hanya tulisan. Sehingga jika anda mempunyai blog yang panjang, apalagi jika menurut anda dapat menimbulkan kebosanan para pengunjung, maka sisipkan beberapa gambar atau video ya. Agar pengunjung tidak bosan.

5. Tambahkan link postingan artikel lainnya
Jika artikel anda mendukung tambahan informasi dari postingan anda yang lain, maka selipkan link tersebut didalam artikel anda. Tujuannya, agar tidak hanya artikel itu saja yang akan dibaca oleh pembaca, tapi pembaca juga akan membaca tambahan informasi lainnya dari postingan di blog anda. Sehingga blog anda secara otomatis jadi ramai pengunjung.

6. Buat fanspage facebook
Gunakan facebook sebagai media promosi dari blog anda. Setiap postingan anda, anda bagikan disana dengan memberikan kata-kata pengantar, agar blog kita dikunjungi. Selain itu, kita juga bisa buat suatu hal yang menarik di fanspage facebook kita, agar banyak pengunjung yang datang. Contoh, posting video yang bikin para pengunjung facebook anda penasaran dan mensharekan video tersebut ke wall mereka masing-masing. Secara tidak langsung kemungkinan orang-orang berkunjung kefanspage atau ngelike fanspage  kita akan semakin meningkat. Dan tentunya kemungkinan orang untuk membaca artikel kita akan semakin meningkat pula.

7. Gunakan fasilitas media iklan
Jika anda punya uang berlebih beriklanlah untuk kemajuan blog anda. Karena satu-satunya cara agar blog kita dapat terindex dengan cepat, adalah dengan cara banyak pengunjung yang datang dan lamanya pengunjung untuk membaca artikel yang kita miliki. Menurut saya jika anda ingin beriklan, beriklanlah lewat facebook. Untuk biaya jasa iklan artikel kita perkliknya sekitar 84 rupiah. Sangat terjangkau bukan??

8. Blogwalking
Blogwalking merupakan salah satu cara backlink yang masih cenderung murah dan sangat wajar. Tapi, walaupun demikian, lakukan blogwalking yang tanpa terkesan spamming. Bacalah artikel disuatu blog yang mempunyai page rank yang tinggi digoogle terlebih dahulu. Lalu berikanlah  komentar yang berkualitas dan akhiri dengan penitipan url link blog anda dikomentar tersebut. Semakin berkualitas komentar anda, kemungkinan blog anda dikunjungi oleh pihak pemilik blog tempat anda melakukan blogwalking tadi, akan semakin besar lhoo..

9. Sering mengikuti forum
Ikutilah forum-forum yang membahas tentang informasi yang berkaitan dengan blog anda. Sering-seringlah bertukar pikiran disana, agar anda dikenal baik oleh para blogger-blogger senior disana. Anda boleh mempromosikan blog anda diforum tersebut, hanya saja sekali lagi, jangan terkesan melakukan spamming. Karena anda tidak akan digubris nantinya. Jadilah seorang blogger yang selalu beriklan secara sehat.

10. Sering-seringlah membaca tips-tips dari para blogger profesional
Jujur saja, ilmu dari ngeblog sangatlah buuuaaaanyaaaak. Saya saja tidak pernah habis untuj mempelajarinya. Banyak sekali ilmu yang dibahas diluar sana. Tinggal kemampuan kita saja lagi, bisa menangkapnya atau tidak. Yang pasti cara-cara para blogger yang sudah expert dibidangnya, patut kita contoh. Karena tips yang merek berikan telah melalui trial and error selama bertahun-tahun. Jadi saran saya, jangan menyerah untuk belajar ngeblog ya guys.

Semua cara-cara diatas saya berikan bagi blogger pemula saja. Untuk yang expert monggo dipersilahkan menilai blog saya. Atau jika ada yang ingin disharekan, saya persilahkan dari master-master sekalian.

Karena bagi saya, ilmu itu tidak pernah ada habisnya, selalu ada yang baru. Dan ilmu blogger merupakan ilmu yang bikin saya lupa makan dan lupa waktu saat mempelajarinya.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat blogger semuanya. Jika ada tips tambahan, jangan sungkan masukan dikolom komentar. Membudayakan saling tukar menukar pikiran merupakan budaya orang Indonesia yang harus dilestarikan.

Yuk, ngobrol bareng.....