[recent]

Wednesday, 31 May 2017

SAKIT PADA DADA SEBELAH KANAN ATAU SEBELAH KIRI?MUNGKIN INI YANG TERJADI PADA DIRI ANDA, BACA JUGA SOLUSINYA


Pernahkah anda merasakan rasa sakit pada dada kanan atau dada sebelah kiri? atau bahkan rasa sakit itu merambat sampai tulang belikat?
sumber foto: dokita.co
Kesehatan merupakan hal yang terpenting yang harus dijaga. Karena jika kita sehat, segala hal apapun juga bisa kita lakukan, mulai dari bekerja, berkumpul bersama keluarga, menyalurkan hobi anda, ataupun yang lainnya. Namun jika anda sakit, maka segalanya akan sangat sulit dilakukan, atau bahkan tidak mungkin untuk dilakukan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang rasa sakit pada dada sebelah kanan atau dada sebelah kiri. 

Dilansir pada artikel alodokter.com mengenai sakit pada dada sebelah kanan bisa saja terkait dengan serangan jantung. Meskipun pada umumnya, gejala penyakit jantung selalu ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian dada sebelah kiri, namun rasa sakit pada dada sebelah kanan dapat mengindikasikan suatu penyakit kronis tertentu.

Rasa sakit pada dada sebelah kanan, kadang diacuhkan oleh banyak orang, dikarenakan mindset kebanyakan orang yang mengacu bahwa sakit jantung akan berakibat pada rasa sakit pada bagian dada sebelah kiri saja.

Dilansir dari alodokter.com, berikut beberapa gejala serius yang mungkin timbul pada sakit dada sebelah kanan dan tidak boleh diacuhkan.

Tanda yang Dirasakan Tubuh

Ada beberapa gejala fisik yang bisa dirasakan saat seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan, yaitu:
1. Nyeri di dada saat mengubah posisi tubuh.
2. Sensasi rasa perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada
3. Nyeri di dada terasa menusuk.
4. Dada terasa seperti diremas, ditekan, dan sesak. 
5. Saat bernapas, terutama ketika berbaring.
6. Terasa aliran balik dari saluran cerna di dalam mulut.

Kondisi Terkait Sakit Dada Sebelah Kanan
Berikut beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kanan:

1. Infeksi virus penyebab flu dan batuk

2. Olahraga atau kegiatan yang melibatkan otot dada secara berlebihan bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. 

3. Masalah paru yang bisa menyebabkan sakit dada bagian kanan antara lain adalah pneumonia atau infeksi jaringan paru dan pleuritis atau radang selaput paru. 

4. Peradangan pada hati atau hepatitis juga menjadi salah satu kondisi kesehatan yang bertanggung jawab terhadap munculnya sakit dada sebelah kanan. 

5. Cedera pada tulang, otot, dan syaraf juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. 

6. Masalah pencernaan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. 
  
Meminta Bantuan Dokter dan Kondisi Gawat Darurat

Sementara itu, kondisi yang perlu segera meminta pertolongan gawat darurat adalah jika sakit dada sebelah kanan disertai kondisi berikut:
1. Ada serangan mendadak berupa sesak dan tekanan yang berat pada tulang dada.
2. Setelah lama tidak melakukan olahraga, mendadak dada terasa sakit disertai susah bernapas.
3. Nyeri dada menjalar ke tangan kiri, punggung, dan rahang.
4. Denyut jantung atau tekanan darah terlampau rendah.
5. Detak jantung kian cepat, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih.

Penanganan yang cepat dan pencegahan sejak dini akan sangat membantu untuk keberhasilan pengobatan dan pencegahan terhadap penyebab timbulnya sakit dada sebelah kanan.

Sumber penjelasan artikel mengenai penyakit dada sebelah kanan ini adalah www.alodokter.com

Catatan Penulis:
Saya sebagai penulis, juga pernah mengalami hal demikian. Rasa sakit yang saya rasakan adalah rasa sakit dada sebelah kanan dan dada sebelah kiri. Untuk dada sebelah kiri, rasa sakit hingga tulang belikat. Saya sering membaca artikel tentang sakit dada sebelah kiri, merupakan sakit gejala penyakit jantung. Namun rasa sakit juga terdapat pada dada sebelah kanan.

Sebelumnya saya telah vakum berolahraga selama 5 tahun. Benar-benar tidak pernah berolahraga, diakibatkan aktivitas kuliah yang membuat kebiasaan hidup yang hanya fokus pada tugas kuliah saja. Akibat rasa sakit itu, saya pernah membaca suatu artikel, jika rasa sakit didada dapat dicegah dengan cara berjalan kaki.

sumber foto: hipwee.com
Akhirnya saya berniat berolahraga jalan kaki rutin  setiap pagi sebelum bekerja. Saya selalu sempatkan diri berjalan kaki, kurang lebih 1km sampai dengan 1,5km setiap harinya. Awal-awalnya rasa sakit itu masih ada. Namun tanpa saya sadari, kurang lebih selama 1 bulan saya lakukan olahraga ini, badan saya jadi bugar dan rasa sakit itu lenyap, tidak pernah ada lagi. Sampai sekarang saya tidak pernah merasakannya lagi. Mungkin artikel yang pernah saya baca sebelumnya tentang kesehatan yang didapat dari berjalan kaki adalah benar adanya, mungkin anda juga dapat mencari artikel tersebut digoogle.

Mungkin sekarang yang jadi permasalahan anda, mampukah saya berjalan setiap pagi, sedangkan saya harus bekerja dipagi hari juga?

Sebenarnya tidak harus setiap pagi dan setiap hari. 1 minggu sekalipun boleh, asalkan anda rutin, dengan jarak yang dapat anda tentukan sendiri. Owh iya, berjalan kaki tidak perlu dipagi hari melulu, sore hari pun bisa, seperti anda berjalan santai lainnya. Menurut saya, sebagai orang yang pernah mengalami penyakit diatas, walaupun tidak parah, berjalan kaki merupakan obat yang murah dan sangat dapat dijangkau bagi siapapun juga.

Jadi, tunggu apalagi??Kesehatan adalah segalanya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian.