[recent]

Saturday, 27 May 2017

MENERIMA TAWARAN KERJA DENGAN SYARAT IJAZAH DITAHAN OLEH PIHAK PERUSAHAAN? BACA DULU 6 PERTIMBANGAN INI

sumber foto:carikerja.id
Menerima tawaran kerja tapi syaratnya ijazah anda ditahan oleh pihak perusahaan untuk beberapa waktu?
Jika jawabannya "Ya". Coba anda pertimbangkan terlebih dahulu. Saya tidak ingin membuat anda pesimis akan hal itu, tapi saya hanya ingin anda mempertimbangkannya. Jika hal itu baik, maka lanjutkan, jika tidak, lebih baik pikirkan lagi sebelum salah melangkah.

Ketika anda menerima tawaran kerja tapi ijazah anda ditahan oleh pihak perusahaan, hal ini dimaksudkan agar anda tidak akan seenaknya keluar dari perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan tersebut akan memberikan anda kontrak kerja selama beberapa waktu, bisa satu tahun, dua tahun atau lebih. Namun yang menjadi pertanyaan dibenak anda mungkin, apakah jika menerima tawaran kerja dengan syarat seperti itu akan tetap menguntungkan bagi anda, atau malah merugikan anda?

Mari kita simak 6 hal dibawah ini yang dapat menjadi pertimbangan anda.

1. Teliti Jobdesk Yang Diberikan
Setiap perusahaan akan memberikan para pelamarnya berupa jobdesk kerja yang akan dihadapi oleh pelamar nantinya jika telah menjadi karyawan diperusahaan tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan, ada juga perusahaan yang tidak jelas untuk penjelasan dari jobdesk kerjanya. Untuk hal ini anda harus tanyakan benar-benar kepada pihak yang merekrut anda pada saat wawancara.

2. Ketahui Record Perusahaan Yang Anda Lamar
Ya, benar sekali, anda harus tahu record perusahaan yang anda lamar, apalagi jika mereka menerima karyawan dengan persyaratan penahanan ijazah. Biasanya mereka memberikan benefit lebih kepada anda berupa program-program yang membentuk anda sebagai seorang pemimpin muda nantinya diperusahaan itu. Ibaratnya anda adalah lulusan ASLI dari perusahaan tersebut yang disiapkan untuk masa depan perusahaan. 

3. Cari Info Tentang Orang-orang Yang Pernah Melamar Diperusahaan Yang Anda Lamar
Carilah info sebanyak-banyaknya dari orang-orang yang pernah mengikuti persyaratan masuk kerperusahaan tersebut dengan jalur yang sama seperti anda. Cari tahu apakah mereka nyaman atau tidak bekerja disana. Ya, memang masalah nyaman ataupun tidak nyaman, semua tergantung pribadi masing-masing, tapi jika anda bisa mengetahui plus minusnya terlebih dahulu, paling tidak anda tidak menyesal nantinya. Info bisa anda cari melalui grup-grup seperti facebook, kaskus dan lain-lain.

4. Siap Untuk Tidak Pindah Ke Perusahaan Lain
Ketika anda telah menandatangani kontrak kerja dan menyerahkan ijazah anda, berarti anda siap untuk bekerja diperusahaan tersebut sampai waktu yang telah ditentukan dalam kontrak kerja anda. Karena, jika anda melakukan pemutusan kontrak kerja secara sepihak, biasanya perusahaan akan mengenakan denda terhadap anda, yang pastinya diluar kemampuan anda.

5. Baca Surat Kontrak Kerja Dengan Teliti
Sebelum anda menandatangani surat kontrak kerja dan penyerahan ijazah anda kepihak perusahaan, ada baiknya anda baca dengan teliti isi dari surat kontrak tersebut. Dan tanyakan jika anda tidak memahaminya, karena ini merupakan Hak anda.

6. Passion  Pada Pekerjaan
Ini hal yang paling penting dari semua persyaratan yang ada, yaitu "PASSION". Jika anda benar-benar yakin dan passion terhadap pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan, anda mestinya tidak perlu ragu dan takut untuk mengikuti persyaratan dari perusahaan tersebut. Karena anda yakin, anda pasti menyukai pekerjaan tersebut, layaknya menjalankan hobi anda saja. Namun, bagi anda yang "TIDAK PASSION", pada jobdesk pekerjaan yang ditawarkan, ada baiknya anda pertimbangkan lagi. Jika anda seorang yang tangguh, dan suka tantangan, maka lanjutkan!!!.

Itulah hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan bagi anda jika menerima tawaran kerja tapi ijazah anda ditahan oleh pihak perusahaan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda. 

Bagi yang telah mendapatkan tawaran kerja, semoga sukses hingga akhir dan diterima. Namun bagi yang belum, jangan berkecil hati, masih banyak jalan asal anda berusaha.

This Is The Oldest Page