[recent]

Sunday, 28 May 2017

MELAMAR PEKERJAAN, TAPI BERBEDA DENGAN JURUSAN KULIAH? 6 HAL INI PATUT ANDA BACA

sumber foto:hipwee.com
Ingin melamar pekerjaan, tapi berbeda dengan jurusan kuliah anda?
Anda jadi galau, mau kerja yang sesuai dengan jurusan atau langsung menerima semua jenis pekerjaan yang berbeda dengan kemampuan?

Mungkin dua pertanyaan itu yang sering ada dibenak anda, bagi anda-anda yang sekarang baru lulus kuliah dan ingin mencari pekerjaan. Sesungguhnya pekerjaan apapun didunia ini sama saja, sama-sama dapat menghasilkan pendapatan untuk masa depan anda. Hanya saja yang menjadi pembeda adalah anda ahli dalam bidang pekerjaan itu dan menyukainya, atau malah anda tidak pernah membayangkan pekerjaan apa yang nantinya akan anda hadapi.

Untuk menjawab kerisauan anda tersebut, coba simak 6 hal dibawah ini.

1. Ingat anda telah menghabiskan banyak waktu saat kuliah
Ingatlah, anda telah menghabiskan banyak waktu saat kuliah dijurusan yang ada pilih sekarang. Mungkin anda menghabiskan waktu  3 tahun, 4 tahun atau bahkan 7 tahun hanya untuk kuliah. Lalu anda berpindah memilih profesi yang diluar jalur anda pada saat bekerja? Jika anda yakin dengan pekerjaan yang akan anda lamar sekarang, maka lanjutkanlah, namun jika tidak, ada baiknya pertimbangkan lagi.

2. Ingatlah masa magang anda semasa kuliah dulu
Ya, ingat-ingatlah hal ini (baca:masa magang). Kenapa harus mengingat hal tersebut? Mungkin anda akan dapat mengingat pekerjaan yang walaupun hanya magang, namun pernah anda alami, pastinya anda jauh lebih tahu rasanya kerja dijurusan anda sendiri. Dan mungkin anda pernah bertanya-tanya dengan para senior diperusahaan tempat anda magang, bagaimana serunya bekerja disana. Pada akhirnya ini dapat menjadi pertimbangan anda, tetap beralih profesi atau tetap dijalur anda

3. Anda seorang yang suka tantangan
Jika anda seorang yang suka tantangan dan haus akan belajar, maka keluar dari zona nyaman, memang cocok untuk anda. Selama anda yakin, dan terus berusaha fokus pada pekerjaan anda nantinya, kesuksesan pasti bisa diraih. Namun jika anda hanya semangat diawal saja, lebih baik diurungkan. Ingat, pekerjaan itu akan sukses anda hadapi jika anda menyukai pekerjaan tersebut.

4. Bayangkan jika diri anda telah bekerja diperusahaan tersebut
Dengan membayangkan diri anda bekerja diperusahaan yang bukan keahlian anda, mungkin anda dapat mengukur kemampuan anda. Walaupun hanya membayangkan, paling tidak anda tau arah perjalanan anda nantinya seperti apa.

5. Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi tentang pekerjaan yang ingin anda lamar
Mencari informasi tentang jobdesk pekerjaan yang akan anda lamar, itu sangatlah penting. Anda bisa mengetahui nantinya apakah pekerjaan ini sedikit banyak bisa anda kuasai atau tidak.

6. Berusahalah cari tahu info pekerjaan dari senior anda pada saat anda kuliah dulu
Cobalah mencari info-info mengenai pekerjaan yang sesuai dengan keahlian anda melalui senior anda dulu yang sejurusan dengan anda. Perbanyaklah sharring dengan mereka, siapa tahu anda bisa mempertimbangkan lagi keputusan anda untuk memilih profesi pekerjaan yang berbeda dengan jurusan anda. Apabila memang tidak cocok, maka memang anda tidak tepat bekerja disana. Namun jika susah mendapatkan lowongan pekerjaan yang merupakan keahlian anda, berusaha lebih adalah jawabannya.

Demikian hal-hal yang dapat anda pertimbangkan, bagi anda yang ingin melamar kerja namun berbeda dengan kemampuan atau jurusan anda pada saat kuliah. Melamar pekerjaan yang bukan bidang anda bukanlah sesuatu yang salah, namun jika ada pekerjaan yang sejenis dengan keahlian anda, mungkin anda dapat lebih berkembang disana. Tapi semua tergantung anda, karena hanya andalah yang mengetahui kemampuan. "Keep Moving Forward".