[recent]

Friday, 29 September 2017

Selalu Membandingkan Pekerjaan Sendiri Dengan Pekerjaan Orang Lain?Berhentilah Dari Sekarang!


Pekerjaan adalah suatu hal yang primer bagi setiap orang. Karena dengan kita bekerja, maka kita bisa mendapatkan penghasilan dari hasil pekerjaan yang kita kerjakan. Namun, walaupun kita sudah memiliki pekerjaan yang tetap, dan penghasilan yang memadai, masih banyak dari kita yang tidak puas dengan pekerjaan kita sekarang. Alasannya sangatlah banyak, mulai dari sulitnya pekerjaan, gaji yang tidak cukup, bosan dengan pekerjaan yang ada, tidak menyukai pekerjaan yang ada, dan lain sebagainya.


Banyak sekali orang yang telah mendapatkan pekerjaan, selalu membanding-bandingkan pekerjaan sendiri dengan orang lain. Yang berujung pada menyalahkan pekerjaan yang kita jalani saat ini.

Jika kita telaah lebih dalam, ini adalah hal yang wajar yang dimiliki oleh manusia. Sifat manusia yang dimiliki oleh semua orang adalah, tidak pernah merasa puas. Semua merasa kekurangan.
Terus bagaimana cara menghentikan ini semua?
Sebenarnya sangatlah mudah. Semua orang bisa melakukannya, caranya yaitu dengan cara sadar akan diri sendiri. Sadar disaat ini berada dimana. Jangan terbawa pikiran-pikiran yang sifatnya masih halusinasi, dan tidak jelas kenyataannya, bahkan tidak pernah kejadian, karena semua hanya terjadi dikepala anda.

Setelah anda mampu menyadarinya, sekarang ketika anda mulai lagi dan lagi mencoba membandingkan pekerjaan anda dengan pekerjaan orang lain, maka bandingkan lah pekerjaan orang yang dibawah anda, bukan diatas anda. Selalulah melihat kebawah, bukan keatas. Tujuannya cuman satu, yaitu supaya anda dapat "BERSYUKUR".

Masih banyak orang yang sangat memerlukan pekerjaan diluar sana tapi tidak pernah dapat. Atau, pekerjaannya lebih melelahkan dan penghasilannya lebih kecil dari anda. Ketika anda melihat orang lain dan berkata "kok enak ya kerja kayak dia, gak bikin pusing ". Dan orang itu mrlihat anda juga dan berkata "coba saya bisa seperti dia, punya pekerjaan yang bagus, penghasilan ku pasti besar, gak seperti sekarang, capek".


Okey?? Sudah jelas dari contoh diatas??

Sebenarnya apa yang anda pikirkan dan posisikan ketika anda melihat pekerjaan orang lain, maka orang lainpun berpikiran demikian sama halnya seperti ini.

Sekali lagi, ini memang lumrahnya manusia, tapi jika anda dapat lebih bersyukur dan bersahabat dengan pekerjaan anda saat ini, maka anda akan bahagia dan lebih enjoy dalam menghadapi pekerjaan anda. Ingatlah kawan, sukses itu memang tidak nyaman prosesnya, tapi jika dilalui, keberhasilanlah yang didapat.

Layaknya ada suatu cerita yang pernah saya baca sebelumnya dan akan saya ceritakan dengan bahasa saya, semoga bermanfaat bagi anda.

Cerita ini  antara seorang Guru dan Seorang murid, ketika melihat suatu gunung. Coba simak cerita berikut ini:

Murid : Guru, gunung ini begitu indah, begitu hijau, dan sangat asri, ingin rasanya saya kesana untuk menikmati keindahaannya.

(Sang Guru Tersenyum)

Guru : Apakah kamu mau ikut denganku kegunung tersebut?Mari ikut denganku.

(Sontak saja sang murid sangat senang dan langsung mengiyakan ajakan sang Guru. Diperjalanan menuju puncak gunung, sang murid merasa lelah dan mengeluh sepanjang jalan)

Guru: Wahai muridku, bagaimana pendapatmu tentang gunung ini?

Murid: Gunung ini jelek guru, jalannya tidak rata, berbatu dan sangat licin, bolehkah kita berhenti saja disini untuk beristirahat? Aku sudah tidak kuat lagi.

Guru: (Sang Guru Tersenyum) Wahai Murid ku mari kita lanjutkan perjalanan kita, tinggal sedikit lagi kita mencapai puncaknya.

(Sang Guru dan Murid pun terus berjalan menuju arah puncak gunung, dan setibanya disana)

Guru : Wahai muridku, kita telah sampai dipuncak gunung ini, bagaimana perasaanmu?

Murid : Wah guru, aku dapat melihat pemandangan yang luar biasa indah dari sini, semua sangat terlihat hijau dan asri, gunung disebelah sana juga sangat elok dilihatnya, aku sangat senang, terimakasih Guru.

Guru : Inilah gambaran hidupmu dan gambaran hidup manusia. Setiap orang hanya mampu melihat keindahan yang dimiliki oleh orang lain, tanpa mampu melihat apa yang ada dibelakang keindahan itu sebelumnya.

Ketika kita sendiri yang menjalani untuk mencapai keindahan itu, maka banyak sekali keluh kesah yang kita keluarkan selama perjalanan. Tapi asalkan kita terus berjalan maka puncaj keindahan itu pun akan kita gapai dan dapatkan.
(Mendengarkan hal tersebut, sang murid pun menjadi sadar, dan berterimakasih kepada Sang Guru atas ajarannya).

Dari cerita diatas, semoga kita dapat terus bersyukur dan terus berjuang dalam menjalani kehidupan kita. Dengan bersyukur kita akan bahagia, karena dapat menerima keadaan kita dan tetap memperjuangkannya. Tapi jika kita menolak keadaan yang ada dan berputus asa, maka semua akan sulit untuk dijalani, hingga pencapaian yang anda inginkan sulit untuk dicapai.

Semoga cerita ini bermanfaaat.

Friday, 15 September 2017

Selalu Merasa Senang Saat Sendirian?Tenang, Anda Tidaklah Aneh

sumberfoto: https://thoughtcatalog.com
Anda sering merasa senang ketika sendirian?
Anda merasa sendirian merupakan hal yang paling penting bagi anda?
Anda merasa sendirian itu bagaikan berada ditempat yang ramai?
Dan perasaan lainnya yang hanya dipahami oleh orang-orang yang sendiri.

Tidak bisa dipungkiri, setiap orang mempunyai sifat dan kelakuan yang berbeda, antara satu dan lainnya. Kalau semua sama, maka tidak ada keindahan dalam hidup ini. Contohnya saja pelangi, punya banyak warna dalam setiap tampilannya di angkasa raya.

Umumnya orang senang dengan keramaian, kumpul, dan hal lainnya yang bersifat keluar, bukan kedalam (menyendiri). Tapi, ada orang yang lebih senang jika sendiri. Seakan-akan tubuhnya dicharge penuh saat sendirian, dan akan terpakai energinya ketika berada di keramaian.

Apakah ini aneh?
Apakah ini normal?

Kadang orang bilang, orang yang suka sendiri adalah orang yang "ansos" (anti bersosialisasi).

Sebenarnya itu tidak benar.

Orang yang suka sendiri, juga masih sangat senang ketika bersosialisasi dengan orang lain. Hanya saja, biasanya mereka hanya berbicara seperlunya. Ini dikarenakan, mereka selalu berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara dan cendrung berhati-hati saat berbicara, takut menyinggung perasaan orang lain. Berbeda dengan orang yang tidak suka menyendiri, mereka lebih cenderung spontan dan pecah saat bersosialisasi.

Memiliki sifat penyendiri, bukanlah hal yang aneh, apalagi dikatakan tidak normal. Itu adalah hal yang wajar dan normal, dikarenakan itu adalah sifat alami anda sendiri.

Selama rasa senang akan kesendirian anda, anda salurkan pada hal-hal positif, pasti banyak manfaatnya bagi anda.

Dampak positif dari seorang yang mempunyai sifat penyendiri, seperti :

1. Pemikir yang cerdas, yang mampu merencanakan untuk mengambil keputusan yang tepat.

2. Spiritualis, karena anda akan lebih mudah terhubung dengan Yang Kuasa, dalam keheningan anda.

3. Hemat, karena menikmati kesendirian itu sangatlah mudah bagi anda, tanpa harus mengeluarkan uang untuk sebuah rasa senang ataupun kebahagiaan.

4. Suka mempelajari hal baru, yang mungkin orang lain malas kerjakan, karena buat sebagian orang hal yang anda lakukan sangat membosankan.

5. Tidak mudah terpengaruh dunia luar.

6. Cenderung sopan dan ramah

Selain dampak positif, jika anda tidak pandai menghandle sifat kesendirian anda, maka dampak negatifnya pun akan timbul, seperti:

1. Pemalu akut

2. Suka khawatir atau was-was

3. Suka menahan emosi, dan ketika tidak tertahankan akan meledak-ledak

4. Stress tinggi

5. Pada saat dikeramaian anda merasa semakin lemah.

6. Tidak suka bersosialisasi

7. Suka curiga dengan orang lain.

Bagi anda yang memiliki sifat kesendirian dan cenderung punya efek yang negatif seperti diatas, jangan terlalu dipusingkan. Cobalah untuk membuka diri anda, sehingga anda mampu menyesuaikan dengan lingkungan anda.

Beradaptasi merupakan kunci dari menyelesaikan masalah anda yang suka sendirian. Beranikan diri anda, jangan dikekang. Jika anda sering mengekang diri anda, maka dampak-dampak negatif akan semakin meningkat.

Jadi cobalah untuk selalu berpikir positif, dan membuka diri, agar keseimbangan dalam diri anda bisa terjadi dan muncul selamanya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda seorang yang suka sendiri atau biasa disebut introvert.

Saturday, 19 August 2017

5 Hal Yang Harus Dihindari Untuk Menikmati Liburan Dengan Maksimal

sumberfoto: http://www.eccireland.i
Liburan akhir pekan ataupun liburan panjang, merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Jenuhnya aktivitas selama seminggu yang itu-itu saja, membuat otak dan jiwa kita dipenuhi dengan kebosanan dan mungkin hal berat lainnya yang membebani diri kita. Untuk mengatasi itu semua, liburanlah yang dapat menjadi pengobat sejenak untuk semua kejenuhan yang kita hadapi.

Banyak cara menikmati liburan, baik dengan cara rekreasi, mengisi dengan hobi, ataupun berkumpul dengan teman-teman. Itu semua demi satu tujuan, yaitu mendapatkan kesenangan. Karena jika otak kita hanya diisi dengan beban, kebayang  kan..... kita bakal stress berat.

Terlepas dari bagaimana anda dapat menikmati liburan anda, masih banyak orang yang sulit untuk menikmati liburannya. Kadang, fisiknya liburan, pikirannya tidak pernah libur, masih memikirkan masalah pekerjaan yang tidak kunjung selesai. Kalau sudah begini, saya dapat pastikan anda sedang stress ataupun depresi. Untuk itu, saya sarankan, ketika anda liburan, benar-benarlah aturan fisik dan pikiran anda dalam keadaan libur dan bersantai saja, agar tenaga anda benar-benar ter-charged dengan baik dan harapan kedepannya anda dapat kembali fresh.

Untuk itu, dalam artikel kali ini, saya ingin membagikan ke anda semuanya, hal-hal apa saja sih yang harus anda hindari selama liburan, dan semua itu untuk memaksimalkan masa liburan anda.

1. Liburan jangan cuma diam di rumah
Pasti masih orang yang seperti ini, menikmati liburan hanya dengan duduk-duduk seharian nonton tv ataupun tidur seharian dikamar. Saya sarankan mulai sekarang, jangan seperti itu. Boleh saja kalau misalkan liburan anda cuman satu hari seminggu, tapi bagi yang punya libur 2x dalam seminggu, saya sarankan untuk dapat benar-benar dimanfaatkan. Di hari pertama, anda gunakan waktu libur anda untuk keluar dari rumah, baik itu rekreasi, kumpul-kumpul dengan teman, atau ketempat-tempat yang anda suka. Manfaatkan liburan anda untuk membebaskan anda dari segala kejenuhan, buang semua energi negatif keluar dari diri anda, dan ambil energi positif selama anda keluar dari kejenuhan anda tadi. Besok harinya. silahkan untuk beristirahat.
2. Hentikan memikirkan pekerjaan ataupun tugas-tugas anda
Libur ya libur, bukan kerja, kuliah atau sekolah. Libur ya artinya itu waktu berharga anda untuk merefreshing pikiran dan jiwa anda. Jangan sampai anda menjadi gila, hanya karena liburan anda terganggu. Nikmati liburan anda dengan maksimal. Alihkan semua pikiran yang mengarahkan anda kembali pada kejenuhan, ke pikiran anda untuk bersenang-senang. Ingat!Ini waktu libur anda kawan, bukan waktu kerja. So berliburlah!

3. Hindari melakukan satu kegiatan yang menghabiskan waktu dan bikin anda tambah pusing
Jika anda tidak sadari,. banyak hal-hal yang kita lakukan pada saat libur,yaitu melakukan suatu hal, yang bikin anda pusing, tahu-tahu udah sore, karena saking fokusnya. Contohnya seperti saya, ngeblog, ngedit-ngedit template, merakit gundam, membaca buku, bermain sosmed. Bukan saya melarang sih, tapi kegiatan ini benar-benar bikin anda lupa waktu, dan tahu-tahu waktu liburan anda sudah habis. Tapi, bagi anda yang memang sudah sangat menduniai kegiatan-kegiatan tersebut, dan memang rencana anda untuk mengisi liburan, ya itu no problem. Yang penting anda bahagia :)

4. Tutuplah kegiatan usaha anda di hari libur
Banyak orang, khususnya pengusaha yang memang pendapatan utamanya dari usahanya sendiri. Sampai-sampai tidak ada waktu libur dan waktu sejenak bareng keluarga. Semua hari adalah hari kerja. Memang sih uang itu penting, tapi saya yakin anda pasti pernah merasakan kejenuhan dengan pekerjaan anda. Jika anda jenuh maka akan berakibat stress. Kalau sudah stress, penyakitpun dapat datang kapan saja. Dan jika anda seorang pengusaha yang sudah berkeluarga, saya yakin istri/suami dan anak-anak anda pasti menginginkan sekali liburan bersama anda, hanya saja anda selalu sibuk. So, cobalah ambil waktu berlibur ya kawan.
5. Tidak merencanakan untuk liburan
Wah, ini paling sering terjadi. Umumnya orang-orang kalau liburan, kalau mau kemana-mana ya spontan aja. Tapi ada bagusnya, anda sebelumnya memikirkan dimalam hari sebelum hari liburan anda besok. Rencanakan dengan matang anda mau kemana, baik bersama keluarga, teman ataupun pacar anda. Anda jadwalkan dengan baik perjalanan liburan anda seharian full tersebut. Pasti jika sudah terencana dengan baik, dan dapat terlaksana, kepuasan liburan yang didapat pasti sangat maksimal.

Kira-kira itulah yang dapat saya sharringkan kali ini, agar kita dapat menikmati liburan secara maksimal. Sebenarnya banyak hal yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan liburan anda, tapi pastinya harus membahagiakan bagi anda ya.
Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda. Jika ada opini lain, silahkan berkomentar ya kawan. 

Sunday, 6 August 2017

Sulit Mengambil Sebuah Keputusan? Gunakan 6 Cara Ampuh Ini!

sumberfoto: https://everydayinterviewtips.com
Sulit untuk mengambil sebuah keputusan sangat sering dialami banyak orang. Alasannya tidak lain tidak bukan adalah pertimbangan. Pertimbangan yang tidak tepat, maka sebuah keputusan yang diambil pun tidak akan tepat.

Jika sudah begini, bagaimana cara mengambil sebuah keputusan yang tepat?

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil sebuah keputusan. Tapi, dari sekian banyak cara, ketegasan dan keyakinan adalah jawabannya.

Anda yang ingin mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda, pastinya anda harus menguasai masalah anda secara maksimal. Tanpa menguasai sesuatu hal yang menjadi masalah anda, mana mungkin anda dapat mengambil sebuah keputusan yang tepat. Karena ini semua lah yang dapat menjadi faktor utama dari pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan.


Lalu, langkah apa saja sih yang bisa kita pakai untuk mengambil sebuah keputusan agar tidak salah langkah?
Pada artikel kali ini, saya akan membagikan pikiran saya, tentang cara mengambil keputusan yang tepat. Tentunya semua langkah ini, dapat anda sesuaikan dengan masalah yang anda hadapi.

Oke, mari kita bahas.

1. Pikirkan jalan keluar yang paling mungkin bisa dilakukan.
Masalah apapun, pasti punya jalan keluar. Tinggal bagaimana cara mencari jalan keluar itu. Caranya, pikirkan masalah yang anda hadapi, terus keluarkan semua pemikiran anda tentang jalan keluar yang mungkin bisa anda lakukan. List semuanya, tidak usah bepikir, ini tidak bisa, itu tidak bisa, list saja dulu semuanya.


2. Seberapa besar efek baik dan efek buruk jika memilih jalan keluar tersebut.
Dari semua list jalan keluar yang anda buat, sekarang anda pikirkan, atau bayangkan, mana yang menghasilkan efek paling baik, dengan efek buruk seminimal mungkin dari masalah yang anda hadapi. Ingat, disaat seperti ini mungkin anda merasa, semuanya mempunyai efek buruk yang tinggi bagi anda, yaitu resiko. Anda harus ingat, segala keputusan itu harus berani anda ambil setiap resikonya. Anda tidak dapat menghindar dari resiko, hanya saja anda perlu cermat, agar resiko yang didapat bisa seminim mungkin. Saya yakin anda mampu, bahkan sangat mampu untuk memilih dan menerimanya.


3. Pilih satu dan pikirkan akibatnya
Setelah anda memilih keputusan yang paling tepat, sekarang fokus pada resiko yang terjadi. Ingat! Anda harus berani ambil resikonya. Anda tidak mungkin bisa menghindari resikonya. Nah, jika anda sudah tahu resikonya, anda cukup rencanakan mitigasi dari resiko-resiko yang anda ambil, sehingga semua keputusan akan masalah ini, benar-benar bisa diambil dengan sempurna.



4. Percaya pada diri anda, bahwa pilihan anda adalah yang benar.
Ini adalah booster yang harus anda terapkan ketika telah memutuskan memilih suatu keputusan. Percaya pada diri anda sendiri bahwa pilihan anda tersebut adalah benar. Yakinkan diri anda, jika mengambil keputusan "ini" semua masalah ini akan segera selesai dan hanya akan menjadi kenangan hidup anda, yang akan anda ceritakan ke anak dan cucu anda nantinya.


5. Cuek dengan semua khayalan yang datang
Ketika anda mengambil sebuah keputusan yang sebenarnya sulit untuk anda mengambilnya, sering kita mengalami khayalan-khayalan yang menakutkan. Khayalan-khayalan ini membuat kita bimbang kembali dan menjadi ragu. Bahkan khayalan ini membuat anda tidak jadi bertindak. Tapi, khyalan-khayalan ini adalah wajar, karena ketakutan anda, akan sesuatu hal yang belum anda ketahui hasilnya nanti. Pesan saya, cuek saja dengan khayalan yang datang. Bilang pada diri anda sendiri "saya tidak tahu apa yang akan terjadi, baik ataupun buruk, yang penting saya sudah mencoba". Ingat!yakinkan diri anda!.


6. Lakukan dan jangan lagi bergerak mundur
Ini paling penting harus anda punya, yakinkan diri anda, dan laksanakan semua planning anda. Jangan pernah lagi untuk bergerak mundur atau tidak jadi bertindak. Jika anda mundur, maka itu sebuah kesalahan paling fatal, tapi jika anda tetap maju dan melakukannya, anda akan tahu hasilnya. Ingat! Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi didepan, jika anda yakin, maka keputusan yang anda ambil pasti tepat. Sekalipun gagal, paling tidak anda sudah mencoba, dan akan membuat semuanya menjadi pelajaran bagi anda untuk langkah selanjutnya.



Ingat, ya sobat, jangan pernah takut untuk mengambil sebuah keputusan. Jangan pernah takut gagal, atau takut salah. Selama anda belum mencoba, maka tidak ada yang namanya berhasil ataupun gagal. Yang ada, hanya sebuah khayalan yang hanya ada dikepala anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.

Sunday, 30 July 2017

Hobi Koleksi Gundam Kini Makin Banyak Digemari

Sumberfoto: https://hlj.com
Mungkin di jaman masa sekarang istilah Gundam, masih banyak orang yang tidak mengetahui. Ini dikarenakan, gundam dikenal ditahun 90-an, dan tentunya penggemarnya adalah orang-orang yang lahir di tahun itu.

Sebagai perkenalan saja, gundam dikenalkan di Indonesia dalam bentuk sebuah film kartun, yang mempunyai cerita tentang pertempuran antar robot galaxy. Robot-robot tersebut mempunyai kemampuan yang luar biasa, dibarengi dengan kemampuan para pilotnya yang handal dalam mengendalikan robot-robot tersebut.

Jenis- jenis robot yang ditempilkan pun sangatlah keren dan bagi pecinta robot, pasti sangat menyukai film kartun satu ini.

Disaat sekarang, film kartun gundam tetapa ada, dan sudah banyak modifikasinya. Salah satunya tentang permainan pertandingan gunpla, yang terlebih dahulu dirakit lalu dipertarungkan. Sejenis film kartun tamiya. Jika anda tertarik menontonnya, bisa klik video dibawah ini untuk episode 1:


Oke, balik ke hobi mengoleksi gundam ataupun merakit gundam. Hobi ini sudah sangat banyak peminatnya. Terbukti walaupun harga yang ditawarkan oleh mainan gunpla ini, orang-orang yang memang sudah sangat hobi dengan mainan ini, akan rela mengeluarkan koceknya demi menyalurkan hobinya tersebut.

Harga dari satu mainan gundam (gunpla) ini, ditawarkan dengan harga yang beragam. Di Indonesia sendiri paling murah diangka 100ribu dan untuk yang paling mahal, mungkin saya belum bisa pastikan. Karena harga gunpla diatas 10 juta pun ada yang menjualnya.
"Lalu, apa sih yang menyebabkan hobi ini kok mahal banget? Padahal hanya sebuah mainan plastik."

Yang membuat gundam/gunpla menjadi suatu mainan yang mahal dikarenakan karena beberapa faktor, seperti detail, jenis stiker, ukuran, merk, dan grade. Untuk merk, yang dikenal dengan originalitasnya adalah merk BANDAI. Dan untuk grade dari yang paling murah hingga mahal, yaitu Super Deformed (SD), High Grade(HG), Real Grade (RG), Master Grade (MG), dan Perfect Grade (PG).

sumber foto: https://www.otakujournalist.com
Sebenarnya tidak terlalu mahal kok untuk mainan ini. Untuk gundam/gunpla seharga 350-500 ribu, kita sebenarnya sudah bisa mendapatkan gunpla yang cukup bagus dari segi detailnya, umumnya dengan grade RG(Real Grade) dan bermerk Bandai.

Saya sendiri suka mengkoleksi gundam Bandai dengan grade RG. Untuk grade MG saya lebih senang memakai merk diluar Bandai, karena lebih murah. Tapi, bagi anda yang punya dana berlebih, lebih baik beli yang original saja dari produsen Bandai.

Keasyikan dalam hobi merakit gundam/gunpla ini adalah dari segi merakitnya. Semakin rumit, makan akan semakin seru. Seakan-akan kita membangun suatu hal yang sangat keren nantinya, jika sudah rampung semua. Ada kepuasan tersendiri dalam melakoni hobi ini. Selain itu, kita juga bisa berkreatifitas dengan gundam/gunpla yang kita miliki. Kita dapat memodifikasi gundam/gunpla kita sesuai kreatifitas kita, mulai dari bentuk, aksesoris, warna dan lain-lain. Tentunya untuk mendukung hal-hal tersebut, diperlukan skill khusus dari seorang builder gundam/gunpla.

Selain itu juga, bentuk-bentuk dari robot gundam yang keren, membuat kita merasa senang jika memajangnya, sebagai hiasan dirumah.

Kalangan yang menyukai hobi ini tidaklah terkait usia. Dari yang muda hingga yang tua, snagat menggemari hobi ini. Sehingga peminat dari hobi ini sangatlah banyak dan terus semakin bertambah. Ditambah lagi, gundam/gunpla ini selalu mempunyai inovasi produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan Bandai di Jepang.
Jadi, apakah anda penggemar gundam/gunpla juga?

Gundam apa yang kalian suka?

Tulis dikomentar ya. :)

Semoga artikel ini bermanfaat.